Hadiri pemakaman, 37 orang tewas ditembaki

Senin, 09 Juli 2012 - 11:48 WIB
Hadiri pemakaman, 37 orang tewas ditembaki
Hadiri pemakaman, 37 orang tewas ditembaki
A A A
Sindonews.com - Sebanyak 37 orang dilaporkan tewas akibat serangan seorang pria bersenjata saat menghadiri prosesi pemakaman puluhan orang korban kekerasan komunal di Nigeria. Korban tewas terdiri dari dua politisi Nigeria, polisi, umat kristiani, dan penyerang itu sendiri.

Militer Nigeria mengatakan, aksi penyerangan ini terjadi di lokasi pemukiman umat kristiani, dekat Jos negara bagian Plateau.

“Dua orang politikus yang tewas dalam prosesi pemakamanan tersebut adalah Gyang Dantong, senator dari PDP dan anggota majelis Gyang Fulani,” ungkap juru bicara Gubenur Negara bagian Plateau, Pam Ayuba seperti diberitakan dalam BBC, Senin (9/7/2012).

Militer menduga oknum yang melakukan penyerangan di pemakaman, sama dengan pelaku penyerangan pada Jumat 6 Juli lalu, yang berasal dari etnis Fulani. Namun, tuduhan tersebut dibantah oleh etnis muslim ini. Akibat insiden ini, Gubernur Plateau memberlakukan jam malam.

Konflik komunal di Negeria dipicu perbedaan pendapat untuk menentukan kelompok yang paling berhak atas wilayah dataran tinggi Plateau. Pengamat Hak Asasi Manusia mengatakan, setidaknya 1.000 orang dilaporkan tewas akibat kekerasan komunal sejak tahun 2010 lalu.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7068 seconds (0.1#10.140)