Nigeria kembangkan teknologi nuklir

Jum'at, 29 Juni 2012 - 10:50 WIB
Nigeria kembangkan teknologi nuklir
Nigeria kembangkan teknologi nuklir
A A A
Sindonews.com - Nigeria menegaskan akan melanjutkan pembangunan teknologi nuklir demi tujuan damai. Selain untuk pembangkit listrik, Nigeria akan mengembangkan nuklir untuk pangan, kedokteran, pengelolaan sumber daya air, penelitian ilmu terapan.

"Pengunaan teknologi nuklir untuk tujuan damai merupakan elemen penting menuju pengembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang bernilai ekonomis," ungkap Presiden Nigeria Goodluck Jonathan seperti dilansir Xinhua, Jumat (29/6/2012).

"Keputusan pemerintah Nigeria untuk mengambangkan teknologi nuklir telah melalui proses panjang dan cermat, melibatkan berbagai alat analisis dan perencanaan dengan melibatkan kerja sama Badan Atom Internasional (International Atomic Energy Agency), " tegas Jonathan.

Jonathan memastikan badan atom Nigeria, Nigeria Atomic Energy Commission (NAEC), akan mulai mereposisi teknonologi demi mempercepat pembangunan sosial ekonomi Nigeria. NAEC akan mulai mengembangkan dan menerapkan mekanisme yang sesuai dengan mekanisme nasional, regional, dan kemampuan respon dan tanggapan darurat setingkat internasional.

Pengembangan nuklir Nigeria tentunya akan mengambil pelajaran penting dari insiden kebocoran reaktor nuklir di pusat pengembagan nuklir Jepang, Daiichi Fukushima. Pusat energi nuklir ini rusak akibat bencana tsunami Maret 2011 lalu.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5817 seconds (0.1#10.140)