Uruguay berencana legalkan ganja

Kamis, 21 Juni 2012 - 16:54 WIB
Uruguay berencana legalkan ganja
Uruguay berencana legalkan ganja
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Uruguay berencana melegalkan penjualan ganja untuk menurunkan angka kejahatan terkait penjualan narkotika. Rencananya dalam undang-undang yang melegalkan penjualan ganja, pemerintah akan mengizinkan orang dewasa yang telah terdaftar dalam data base untuk menjual ganja.

Menteri Pertahanan Eleuterio Fernandez Huidobro mengatakan UU ini merupakan bagian dari rencana pemerintah untuk menghapus keuntungan dari para pengedar narkotik dan mengalihkan penggunaan obat keras.

Huidobro mengatakan baru-baru ini angka pembunuhan terus meningkat, kondisi ini merupakan gejala peningkatan kejahatan akibat perdagangan narkotika. Polisi Uruguay mengatakan peningkatkan angka pembunuhan disebabkan oleh obat keras, khususnya kokain.

"Kami percaya larangan terhadap penggunaan obat terlarang akan menciptakan masalah sosial, masalah yang ditimbulkan oleh larangan narkotika lebih besar dibanding masalah yang ditimbulkan oleh obat itu sendiri," ungkap Huidobro saat mensosialisasikan UU baru tersebut seperti diberitakan dalam BBC.co.uk, Kamis (21/6/2012).

Pengesahaan UU ini akan disertai dengan pembuatan daftar nama orang dewasa yang mengkonsumsi ganja. Pemerintah akan memberikan izin dan juga menetapkan harga jual khusus kepada toko yang akan menjual ganja.

Undang-undang baru ini merupakan sebuah terobosan baru di Amerika Selatan. UU baru ini sangat kontroversial dan sempat mengundang perdebatan di kongres selama beberapa bulan. Sementara diketahui, perdagangan narkotika di Uruguay nilainya mencapai USD75 juta.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5820 seconds (0.1#10.140)