PM Jepang gagal menaikan tarif pajak

Rabu, 30 Mei 2012 - 15:23 WIB
PM Jepang gagal menaikan...
PM Jepang gagal menaikan tarif pajak
A A A
Sindonews.com - Perdana Menteri Jepang, Yoshihiko Noda gagal membujuk Ichiro Ozawa, politikus paling berpengaruh di tubuh Partai Demokrat. Ozawa menolak menyetujui kebijakan untuk menaikan pajak dalam pertemuan yang digelar Rabu pagi selama 90 menit.

"Saya telah mengatakan semua alasan saya kepada Noda, saya tidak bisa menyetujui kebijakan untuk menaikan pajak. Saya yakin ini adalah keputusan yang diinginkan oleh semua orang Jepang," ungkap Ichiro Ozawa seperti diberitakan dalam Xinhua, Rabu (30/5/2012).

Ozawa mengatakan, sangat kecil kemungkinan untuk menyepakati kenaikan pajak bagi rakyat Jepang saat ekonomi Jepang dalam keadaan sulit. Walau begitu, Ozawa tetap hadir saat Noda memintanya untuk hadir dalam rapat tersebut.

Politikus yang sangat berpengaruh di parlemen ini mengatakan, sebagian besar anggota parlemen menentang keputusan ini, sedikitnya 100 orang anggota parlemen menolak rencana Noda menaikan pajak.

PM Jepang telah berulang kali merencanakan untuk menaikan pajak, ia menilai menaikan pajak adalah pilihan yang tepat untuk menambah pendapatan negara. Namun, ia perlu mencari dukungan dari para anggota parlemen Jepang untuk merealisasikan niatannya. Noda memutuskan bertemu dengan Ozama untuk mencari dukungan.

Rencana kenaikan pajak yang Noda ajukan mencakup dua tahapan. Jika disepakati maka tahap awal pemerintah Jepang akan menaikan pajak sebesar 8 persen pada April 2014 dan menaikan kambali sebesar 10 persen pada Oktober 2015.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0412 seconds (0.1#10.140)