PBB tuding Rwanda pro pemberontak Kongo

Senin, 28 Mei 2012 - 17:28 WIB
PBB tuding Rwanda pro pemberontak Kongo
PBB tuding Rwanda pro pemberontak Kongo
A A A
Sindonews.com - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memiliki bukti adanya keterkaitan antara pemberontak di Republik Demokratis Kongo yang didukung oleh Rwanda.

Laporan internal PBB didapatkan dari seorang tentara Kongo yang melarikan diri. Ia mengatakan bahwa ia telah menjalani pelatihan gabungan dengan tentara Rwanda di Rwanda. Setelah menjalani pelatihan, ia akhirnya dikirim kembali ke wilayah perbatasan untuk melakukan perlawanan terhadap Pemerintah Kongo.

Konflik antar Pemerintah Kongo dengan pemberontak Kongo pecah sejak bulan April. Pemerintah Kongo menduga pemberontak Kongo memiliki keterkaitan dengan etnis Tutsi di Rwanda.

Kabarnya, beberapa pemimpin Tutsi memiliki keterkaitan dengan Rwanda. Beberapa pemimpin suku Tutsi telah menjadi bagian dari pasukan militer Kongo sejak 2009 yang merupakan bagian dari kesepakatan damai.

Rwanda telah dilanda konflik sejak pertengahan tahun 1990-an. Lebih dari 1 juta suku Hutu melarikan diri lewat perbatasan Kongo akibat pembantaian massal di Rwanda.

Sejauh ini pemerintah Rwanda belum memberikan tangapan atas tuduhan yang diungkapkan oleh PBB. Berdasarkan pengakuan yang didapatkan dari 11 orang pembelot, PBB mengatakan ribuan orang telah melarikan diri dari wilayah Kongo bagian selatan. Mereka menghindari aksi kekerasan di bagian timur Goma, Kongo.

Para pembelot meninggalkan pos yang terletak di daerah hutan pegunungan di perbatasan antara Kongo dengan Rwanda. Para pembelot adalah warga Rwanda yang dijanjikan akan digabungkan dengan militer Rwanda. Dalam pelatihan mereka diberikan senjata setelah siap nantinya mereka akan dikirim ke Kongo. Beberapa di antara mereka mengaku direkrut awal Februari lalu.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6452 seconds (0.1#10.140)