Truk konvoi pemantau PBB di Suriah meledak

Kamis, 10 Mei 2012 - 10:47 WIB
Truk konvoi pemantau...
Truk konvoi pemantau PBB di Suriah meledak
A A A
Sindonews.com - Sebuah truk yang mengawal iring-iringan konvoi tim pemantau PBB tiba-tiba meledak di dekat kota Deraa, Suriah. Ledakan terjadi selang beberapa detik saat mobil yang ditumpangi tim pemantau PBB melalui jalan tersebut. Sekretaris PBB, Ban Ki-moon mengatakan, insiden itu mengancam masa depan misi PBB untuk perdamaian di Suriah.

Kepala pemantau PBB, Mayjen Robert Mood mengatakan, ia dan beberapa orang dalam iring-iringan tersebut menderita luka-luka. Sementara itu, saksi mata yang berada di lokasi kejadian mengatakan, sedikitnya tiga orang tentara Suriah terluka. Mereka terkena pecahan kaca truk yang hancur akibat ledakan.

Sejak bulan lalu, tim pemantau PBB sedang menjalankan misi perdamaian yang diupayakan oleh PBB dan Liga Arab. Saat ini, sebanyak 70 orang tim pengamat telah berda di Suriah. Namun, keberadaan mereka tidak berdampak pada pengurangan angka kekerasan.

Salah sorang wartawan yang mengikuti konvoi tim pemantau mengatakan, ledakan truk menciptakan sebuah asap tebal. Tidak jelas siapa dalang peledakan ini. Kelompok Oposisi Dewan Nasional Suriah mengatakan, pemerintah adalah dalangnya. Ledakan ini adalah bagian usaha untuk mendorong kelompok pemantau PBB keluar dari Suriah.

"Saya mengutuk ledakan ini. Kami akan terus fokus melanjutkan pekerjaan kami,"ungkap Mayjen Mood seperti diberitakan dalam BBC.co.uk, Kamis (10/5/2012)

"Ledakan ini adalah salah satu contok aksi kekerasan yang tidak seharusnya menimpa rakyat Suriah. Yang terpenting saat ini adalah menghentikan aksi kekerasan segera,"tambah juru bicara Mayjen Mood.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4531 seconds (0.1#10.140)