Teror drone AS langgar kedaulatan Pakistan

Selasa, 08 Mei 2012 - 16:30 WIB
Teror drone AS langgar kedaulatan Pakistan
Teror drone AS langgar kedaulatan Pakistan
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Pakistan mengecam serangan drone (pesawat tanpa awak) milik Amerika Serikat (AS). Menteri Luar Negeri Pakistan Hina Rabbani Khar mengatakan, operasi CIA yang mengerahkan drone merupakan ancaman bagi kedaulatan Pakistan.

"Pemerintah Amerika Serikat (AS) telah diberitahu jika pemerintah Pakistan sangat khawatir terhadap aksi penyerangan yang dilakukan oleh drone AS," ungkap Hina Rabbani Khar saat pertemuan Parliamentary Committee on National Security (PCNS) di Islamabad seperti diberitakan dalam Presstv, Selasa (8/5/2012).

Sementara itu, pihak AS tidak akan menghentikan operasi militer dengan menggunakan drone. Menteri Pertahanan AS, Leon Panetta, dalam sebuah sesi wawancara dengan stasiun tv Bloomberg menegaskan pihaknya tetap mengintensifkan serangan melalui drone. "Operasi drone CIA akan terus menyerang Pakistan walaupun pemerintah Pakistan menolak tindakan ini,’’kata Panetta.

Pada 31 Janurari lalu, Presiden AS, Barack Obama setuju mengunakan drone dalam operasi CIA. Target penyerangan drone adalah kelompok militan yang bermukim di wilayah perbatasan Pakistan dan Afghanistan. Namun, sumber lokal mengatakan banyak warga sipil yang tidak bersalah telah menjadi korban serangan drone.’’Serangan drone merupakan pelanggaran atas wilayah udara negara Pakistan," ungkap Ketua Senat PCNS, Raza Rabbani.

Sebelumnya, warga Pakistan telah berulang kali menggelar aksi protes, mendesak agar pemerintah mengutuk pelanggaran kedaulatan yang dilakukan oleh AS.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7658 seconds (0.1#10.140)