Ghost Ship berlayar di atas perairan Kanada

Minggu, 25 Maret 2012 - 17:05 WIB
Ghost Ship berlayar di atas perairan Kanada
Ghost Ship berlayar di atas perairan Kanada
A A A
Sindonews.com - Sebuah kapal penangkap ikan yang tersapu tsunami Jepang Maret 2011 di temukan berlayar tanpa awak di lepas pantai barat Kanada.

Seperti diberitakan oleh pasukan patroli udara Kanada di lepas pantai Inggris Colombia mereka menemukan sebuah kapal sepanjang 15 meter mengambang 275 km dari pulau Haida Gwaii pada hari Jumat.

Penemuan kapal ini diyakini sebagai sampah terberat yang berhasil menyeberangi samudra Pasifik. “Kapal tersebut terdaftar di Hokkaido, Jepang. Tidak ada seorangpun di atas sana.” Seperti diberitakan oleh petugas patroli Kanada yang dikutip dari BBC.co.uk Minggu (25/3/2012).

Sementara itu, Kementerian Transportasi Kanada terus melakukan pemantaun atas keberadaan puing kapal dengan bobot jutaan ton tersebut. Pihaknya khawatir jika bangkai kapal tersebut mencemari perairan Kanada.

Seorang peneliti dari Universitas Hawai mengatakan bahwa Tsunami Jepang menghasilkan lebih dari 25 juta ton puing-puing, empat sampai delapan juta ton terbawa arus kembali ke laut. Saat ini satu sampai dua juta ton masih berada di laut.

Menurut perkiraan, bangkai kapal ini akan mendarat di Amerika Utara pada tahun 2014.

Senator Amerika Serikat untuk negara bagian Washington, Maria Cantwell mengatakan bahwa kapal tersebut nampaknya akan berlayar perlahan menuju bagian selatan.

"Jika masih berada dalam lintasan yang sama kapal tersebut dalam 50 hari kedepan kapal tersebut tidak akan mendarat" ungkap Cantwell seperti dikutip dalam BBC.co.uk Minggu (25/3/2012).
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4886 seconds (0.1#10.140)