Bom bunuh diri di Somalia tewaskan 15 orang

Kamis, 09 Februari 2012 - 15:45 WIB
Bom bunuh diri di Somalia tewaskan 15 orang
Bom bunuh diri di Somalia tewaskan 15 orang
A A A
Sindonews.com - Sebanyak 15 orang tewas dalam sebuah ledakan di Mogadishu, Ibu Kota Somalia. Aksi bom bunuh diri ini dilakukan oleh seorang yang terkait dengan kelompok Al-qaeda.

"Ledakan bunuh diri ini sangat mengerikan, dilakukan oleh pelaku yang putus asa dan pelaku kejahatan kriminal. Membunuh setidaknya 15 orang tak bersalah, sementara 20 orang lainya terluka" ungkap Wali Kota Mogadishu, Mohamed Nur Ahmed seperti dikutip AFP, Kamis (9/2/2012).

Nur juga mengatakan dua orang di antara korban yang terluka adalah anggota parlemen. Ledakan terjadi pada Rabu sore di sebuah kafe kecil saat orang-orang sedang berkumpul dan menikmati teh, di jantung pemerintahan yang berjarak cukup dekat dengan Istana Presiden.

"Mereka adalah pengecut, menyerang target yang lemah. Orang-orang yang sedang minum teh," ungkapnya dengan nada kesal.

Aksi ledakan bunuh diri juga diikuti ledakan granat yang terjadi di pingiran jalan di ibu kota Somalia.

Kelompok perjuangan ekstrimis Shabaab mengatakan, mereka menargetkan kantor pemerintah yang terletak di dekat Hotel Mona. Lokasi tersebut sebelumnya pernah diserang oleh kelompok Shabaab yang mengunakan senjata pada 2012. Dalam aksi ini 32 orang tewas, enam di antaranya adalah anggota parlemen.

"Para pejuang mujahidin melakukan serangan bom terhadap Mona Hotel, di mana anggota parlemen yang murtad dan pejabat keamanan tinggal. Kami akan terus menargetkan mereka dimana pun berada," ungkap Juru bicara Shabaab Sheikh Abdulaziz Abu Musab.

Pemerintah Mogadishu melihat peningkatan aksi penyerangan ini terjadi sejak kelompok Shebaab merubah taktiknya pada Agustus 2011. Kelompok Shebaab menggunakan taktik perang gerilya melawan pasukan Uni Afrika dan Pemerintah.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6272 seconds (0.1#10.140)