Perdana, PM China kunjungi Nepal

Sabtu, 14 Januari 2012 - 16:56 WIB
Perdana, PM China kunjungi Nepal
Perdana, PM China kunjungi Nepal
A A A
Sindonews.com - PM China Wen Jiabao hari ini melakukan kunjungan kenegaraan ke Kathmadu, Nepal. Kunjungan kali ini merupakan kunjungan Wen untuk yang pertama kalinya ke Nepal.

"Perdana Menteri Nepal, Baburam Bhattarai menyambut langsung kedatangan PM Wen di bandara Internasional Kathmandu. Wen langsung mengunjungi kantor Bhattarai dengan kawalan pasukan keamanan. Dalam kunjungan Wen kali ini keduanya akan membahas masalah hubungan bilateral terkait isu politik dan ekonomi" tutur sekretaris pribadi Bhattarai, Bishwadeep Pandey seperti di kutip dalam AFP Sabtu (14/1/2012)

Sementara itu Menteri Keuangan Barsha Man Pun menuturkan bahwa dalam kunjungan ini Wen akan menandatangani peningkatan bantuan ekonomi ke Nepal dan juga akan mendiskusikan masalah perdamaian di wilayah Himalaya yang miskin.

Dalam kunjungan kali ini Wen juga diperkirakan akan mencari dukungan untuk kebijakan Bejing untuk wilayah Tibet, selama beberapa tahun gelombang aksi protes terhadap kebijakan pemerintah China terus di langsungkan oleh penduduk Tibet.

Nepal telah menjadi negara tujuan bagi bagi para pengungsi Tibet, setidaknya 200 ribu orang Tibet berada di pengungsian Nepal. Pemerintah Nepal menghadapi tekanan untuk membendung aliran pengungsi dari Tibet.

Setiap tahunnya ratusan ribu orang telah menempuh rute perjalanan yang sulit untuk menempuh negara tetangga China itu.

Sudhir Shahi, seorang inspektur polisi di Thankot Nepal mengatakan, bahwa Tangkot telah menjadi pintu masuk bagi pengungsi Tibet melalui jalan darat. (wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6585 seconds (0.1#10.140)