Polisi Meksiko bongkar penyelundupan bahan narkotika

Sabtu, 24 Desember 2011 - 20:35 WIB
Polisi Meksiko bongkar penyelundupan bahan narkotika
Polisi Meksiko bongkar penyelundupan bahan narkotika
A A A
Sindonews.com - Dalam sebulan ini, lebih dari 543 ton bahan kimia berhasil disita Kepolisian Meksiko. Pihak berwenang mengumumkan penyitaan itu sabtu (24/12/2011) seperti dikutip reuters. Pengungkapan terhadap bahan kimia tersebut mulai awal Desember 2011.

Hasilnya, 205 ton dan 100 ton bahan kimia narkotika di Pelabuhan, Larazo Cardenas disita. Lalu, Jumat 23 Desember, di tempat yang sama, polisi berhasil menyita 229 ton. Menurut para ahli, bahan kimia dengan jumlah besar akan digunakan sebagai campuran bahan baku produksi sabu-sabu.

Pengungkapan sama juga dilakukan Kejaksaan Agung. Sebanyak 1600 drum bahan kimia berhasil disita dari kapal yang berangkat dari Shanghai China tujuan Puerto Quetzal, Guatemala.

Belum ditemukan indikasi apakah sebagian bahan kimia itu sudah berpindah ke kartel (geng) narkotika atau belum. Selain menyita bahan kimia, Kejaksaan Agung juga menemukan 10 mayat, di Veracruz negara bagian Mesiko perbatasan Tamaulipas. Belum diketahui pasti penyebab tewasnya 10 orang itu.

Saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan dan identifikasi. Memang, daerah perbatasan antara Veracruz dan Tamaulipas sering kali menjadi ajang pertempuran berdarah antara Gulf dan Zetas cartels.

Pihak Kejaksaan juga mengatakan, Kepolisian federal setempat sudah berhasil menangkap Javier Mercado Guerrero, alias "El Indio," seseorang yang di duga menjadi pemimpin operasi narkotik Zetaz di kota Poza Rica dan di daerah pedalaman Negara bagian Veracruz, Mesiko.

Lanjutnya, Mercado Guerreros merupakan pejabat lokal setempat yang bertugas tahun 2010. Pemerintah akhirnya memutuskan untuk membubarkan kepolisian di Negara bagian Veracruz Mexiko itu dan mengganti dengan pasukan angkatan laut.

Sementara, pejabat Amerika mencatat kartel Sinaloa di Mesiko merupakan kartel paling berpengaruh, dan saat ini sedang mengalami transisi dari skala produksi menjadi skala industri sabu-sabu.

Ditambahkan pejabat Amerika itu, sejak sering dilakukan penyitaan dalam jumlah besar, kartel Sinaloa memindahkan tempat produksinya ke Amerika Tengah. Lazaro Cardenas sebagai negara bagian barat Michoacan, Mesiko sendiri menjadi perebutan antar geng. Awalnya didominasi kelompok La Familia, kini di kuasai Knights Templar cartel. (lin)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5796 seconds (0.1#10.140)