Kapten Kapal Induk Nuklir AS yang Dipecat Dilaporkan Positif Corona

Senin, 06 April 2020 - 08:35 WIB
Kapten Kapal Induk Nuklir AS yang Dipecat Dilaporkan Positif Corona
Kapten Kapal Induk Nuklir AS yang Dipecat Dilaporkan Positif Corona
A A A
WASHINGTON - Brett Crozier, komandan Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) yang dipecat sebagai kapten kapal induk bertenaga nuklir USS Theodore Roosevelt dilaporkan positif terinfeksi coronavirus disease-19 ( COVID-19 ).

Dia dipecat setelah suratnya yang mengungkap COVID-19 mewabah di kapal induk tersebut bocor ke media. Surat tersebut sebenarnya ditujukan kepada para petinggi Angkatan Laut AS yang berisi permintaan bantuan agar mengevakuasi 5.000 pelaut dari kapal tersebut karena ratusan pelaut sudah terinfeksi.

Hasil tes COVID-19 dari Kapten Brett Crozier dilaporkan pada hari Minggu oleh New York Times, hanya beberapa jam setelah Menteri Pertahanan AS Mark Esper mendukung pemecatannya.

Esper mengatakan kepada ABC bahwa Sekretaris Angkatan Laut Thomas Modly telah membuat keputusan dan seruan yang sulit dalam memutuskan untuk memecat Crozier dari komandonya atas kapal induk USS Roosevelt, yang sekarang berlabuh di Guam. (Baca: Virus Corona Serang Kapal Induk Nuklir AS, Kaptennya Minta Tolong )

Ditanya tentang laporan bahwa Presiden Donald Trump ingin Crozier dipecat, Esper menjawab; "Ini adalah seruan sekretaris. Dia datang dan memberi pengarahan kepada saya...Itu adalah seruan sekretaris. Saya mengatakan kepadanya bahwa saya akan mendukungnya."

Pemecatan itu secara luas dikecam sebagai hukuman yang kejam dan tidak adil terhadap seorang perwira yang disegani yang mementingkan keselamatan para awaknya ketika dia memohon kepada atasannya agar kapal dikosongkan.

"Kami tidak berperang," tulis Crozier dalam surat yang bocor ke pers. "Pelaut tidak perlu mati."

Tetapi beberapa pejabat senior Pentagon mengatakan Crozier keliru dengan membiarkan permohonannya diumumkan.

"Crozier menunjukkan penilaian yang sangat buruk di tengah krisis, anggota keluarga khawatir dan merusak rantai komando," kata Modly.

Trump, berbicara dalam konferensi pers hari Sabtu, mendukung pemecatan Crozier. "Dia seharusnya tidak berbicara seperti itu dalam surat," katanya tentang Crozier. "Saya pikir itu mengerikan tentang apa yang dia lakukan."

The New York Times, dalam melaporkan hasil tes Crozier, mengutip dua mantan teman sekelasnya di Akademi Angkatan Laut AS. Dikatakan bahwa dia sudah mulai menunjukkan gejala terinfeksi COVID-19 sebelum meninggalkan kapal pada hari Kamis. (Baca juga: Kapten Pengungkap Wabah Corona di Kapal Induk AS Banjir Dukungan )

Ratusan pelaut menghibur Crozier ketika dia meninggalkan kapal, seperti yang terlihat dalam video yang dengan telah viral. Beberapa pelaut memanggilnya pahlawan.

Partai Demokrat juga mengecam keras pemecatan itu. Joe Biden, kandidat utama Demokrat untuk calon presiden AS, mengutuk pemecatan itu sebagai tindakan yang menyerupai kriminal.

"Saya pikir dia harus memiliki pujian daripada dipecat," kata mantan wakil presiden era Barack Obama tersebut, seperti dikutip AFP, Senin (6/4/2020).
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5037 seconds (0.1#10.140)