Rouhani: Jika Ingin Bantu Iran, AS Harus Cabut Sanksi

Senin, 23 Maret 2020 - 17:29 WIB
Rouhani: Jika Ingin Bantu Iran, AS Harus Cabut Sanksi
Rouhani: Jika Ingin Bantu Iran, AS Harus Cabut Sanksi
A A A
TEHERAN - Presiden Iran, Hassan Rouhani mengatakan, jika Amerika Serikat (AS) ingin membantu Iran memerangi Covid-19, maka Washington harus terlebih dahulu mencabut sanksi terhadap Teheran. Dia lalu menuturkan, Iran tidak berniat menerima tawaran bantuan kemanusiaan Washington.

"Para pemimpin Amerika berbohong. Jika mereka ingin membantu Iran, semua yang perlu mereka lakukan adalah mencabut sanksi. Maka kita bisa menangani wabah virus Corona," kata Rouhani dalam sebuah pernyataan.

"Anda (AS) telah memblokir ekspor minyak Iran, Anda telah menghentikan transaksi perbankan Iran. Tawaran bantuan Anda adalah kebohongan terbesar dalam sejarah," sambungnya, seperti dilansir Reuters pada Senin (23/3/2020).

Meski Iran dan sejumlah negara telah mendesak AS untuk mencabut sanksi, Washington tetap dengan pendirianya bahwa penyebaran virus tidak akan menyelamatkan Teheran dari sanksi yang menghambat pendapatan minyaknya dan mengisolasi ekonominya.

Iran sendiri adalah negara Timur Tengah yang paling parah terkena virus Corona, dengan sekitar 1.700 kematian dan lebih dari 21.000 orang yang terinfeksi. Kementerian Kesehatan Iran menyebut satu orang tewas setiap 10 menit akibat virus tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7518 seconds (0.1#10.140)