Cegah Corona, Kolombia Tutup Perbatasan dengan Venezuela

Sabtu, 14 Maret 2020 - 22:00 WIB
Cegah Corona, Kolombia Tutup Perbatasan dengan Venezuela
Cegah Corona, Kolombia Tutup Perbatasan dengan Venezuela
A A A
BOGOTA - Kolombia akan menutup perbatasannya dengan Venezuela dan menghentikan pengunjung yang pernah di Eropa atau Asia masuk negaranya.

Langkah itu diumumkan Presiden Kolombia Ivan Duque untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

Dia menyatakan Kolombia akan menutup perbatasannya dengan Venezuela mulai pukul lima pagi pada Sabtu (14/3). "Selain itu, pengunjung ke Kolombia yang bukan warganegara atau warganegara yang pernah singgah di Eropa atau Asia selama dua pekan terakhir tidak akan diizinkan masuk Kolombia mulai Senin (16/3)," ungkap Duque.

Warga dan penduduk Kolombia yang pernah ke Eropa atau Asia dalam 14 hari sebelumnya harus mengisolasi diri selama dua pekan.

Sebelumnya, Kolombia meminta pengunjung dari Prancis, Spanyol, Italia dan China untuk mengisolasi diri selama dua pekan setelah kedatangan mereka.

Negara itu melaporkan kasus pertama virus corona pada 6 Maret, dan meningkat menjadi 16 kasus pada Jumat (13/3).

Pada Kamis (12/3), pemerintah mendeklarasikan darurat kesehatan yang menunda perkumpulan publik lebih dari 500 orang, termasuk liga sepakbola, dan melarang kapal-kapal pesiar berlabuh di pelabuhannya.

"Menghadapi pandemi ini kita harus bekerja sama sebagai satu negara dan kita semua harus mengambil langkah pencegahan yang kita lakukan sebagai individu," tutur Duque.

Meski perbatasan dengan Venezuela akan ditutup, Duque menyatakan perbatasan Kolombia dengan Ekuador akan tetap dibuka, dengan tetap diperiksa dan dikontrol.
(sfn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5759 seconds (0.1#10.140)