Disalahkan AS atas Pandemi Virus Corona, China Kesal

Kamis, 12 Maret 2020 - 19:16 WIB
Disalahkan AS atas Pandemi Virus Corona, China Kesal
Disalahkan AS atas Pandemi Virus Corona, China Kesal
A A A
BEIJING - China mengkritik pejabat Amerika Serikat (AS) atas apa yang mereka sebut komentar tidak bermoral dan tidak bertanggung jawab atas virus Corona, Covid-19. Ini adalah respon atas pernyataan penasihat keamanan nasional AS, Robert O'Brien

O'Brien menyalahkan Beijing atas respon lambat mereka di awal kemunculan dan penyebaran virus tersebut, yang pada akhirnya menyebabkan pandemi

"Sayangnya, alih-alih menggunakan praktik terbaik, wabah ini, yang berawal di Wuhan ditutup-tutupi. Mungkin butuh dua bulan bagi masyarakat dunia untuk merespons, di mana kami bisa secara dramatis membatasi apa yang terjadi di China dan apa yang sekarang terjadi di seluruh dunia," ucap O'Brien.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Geng Shuang mengatakan bahwa pernyataan tidak bermoral dan tidak bertanggung jawab oleh pejabat tertentu tidak akan membantu upaya AS memerangi Covid-19.

"Upaya China untuk memperlambat penyebaran telah membeli waktu dunia untuk bersiap menghadapi epidemi," kata Geng saat melakukan konferensi pers di Beijing, seperti dilansir Reuters pada Kamis (12/3/2020).

"Kami berharap bahwa beberapa pejabat di A.S. saat ini akan memusatkan energi mereka untuk menanggapi virus dan mempromosikan kerja sama, dan bukan untuk mengalihkan kesalahan ke China," sambungnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3781 seconds (0.1#10.140)