Menlu AS Ribut dengan Wartawan Soal Asal Virus COVID-19

Kamis, 07 Mei 2020 - 09:48 WIB
loading...
Menlu AS Ribut dengan Wartawan Soal Asal Virus COVID-19
Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo. Foto/ABC
A A A
WASHINGTON - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo, terlibat pertengkaran dengan wartawan terkait asal usul virus COVID-19. Pompeo bersikeras jika virus Corona baru berasal dari laboratotium China, meskipun ada bantahan dari pejabat intelijen senior dan pakar kesehatan.

"Barbara, Barbara, biarkan aku saja, biarkan aku taruh saja ini di tempat tidur. Usahamu untuk mencoba dan menemukan - hanya untuk menghabiskan seluruh hidupmu mencoba menggerakkan sedikit ganjalan antara pejabat senior Amerika...itu salah," kata Pompeo sebagai tanggapan atas pertanyaan oleh wartawan BBC Barbara Plett Usher terkait laporan intelijen tentang asal usul virus seperti dikutip dari The Hill, Kamis (7/5/2020).

Pompeo telah mendorong teori bahwa kasus pertama virus Corona baru bisa berasal dari seorang ilmuwan yang terpapar di Institut Virologi Wuhan di China. Teori ini bagian dari upaya untuk menuntut Beijing agar para pakar internasional dapat menyelidiki wabah tersebut serta bertanggung jawab atas pandemi global.

Pompeo mengatakan dalam sebuah wawancara hari Minggu ada "bukti besar" bahwa virus itu berasal dari sebuah laboratorium di kota Wuhan di China. Namun pernyataan itu telah menerima penolakan dari pejabat senior dan pakar kesehatan. (Baca: Menlu AS Pompeo: Bukti Sangat Besar COVID-19 dari Laboratorium China )

Ditanya apakah Departemen Luar Negeri memiliki data intelijen baru yang mendukung "bukti yang sangat besar," Pompeo menjawab dengan mengatakan bahwa keduanya benar bahwa AS tidak tahu apakah virus tersebut berasal dari lab dan ada bukti.

"Pernyataan itu sama-sama konsisten," katanya.

"Saya tidak yakin apa itu tentang tata bahasa yang tidak bisa Anda dapatkan," sambungnya Pompeo.

"Kami tidak memiliki kepastian dan ada bukti signifikan bahwa ini berasal dari laboratorium. Pernyataan itu bisa benar. Saya telah membuat keduanya. Pejabat pemerintah telah membuat mereka. Semuanya benar," tegasnya.

Sebelumnya Ketua Kepala Staf Gabungan AS Jenderal Mark Milley mengatakan bukti menunjukan virus terjadi secara alami dan tidak ada "bukti konklusif" virus itu secara tidak sengaja atau sengaja bocor dari laboratorium. (Baca: Trump Sebut COVID-19 Buatan Lab China, Jenderal AS: Kami Tidak Tahu )

Konsensus ilmiah global adalah bahwa virus tersebut berasal dari hewan dan melompat ke manusia. Anthony Fauci, kepala Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular dan anggota terkemuka gugus tugas virus Corona Gedung Putih, telah membantah argumen bahwa virus itu lolos dari laboratorium dan mengatakan penyakit itu kemungkinan berasal dari alam. (Baca: Bantah Trump, Ahli Virus AS Sebut COVID-19 Bukan Buatan Lab China )

Pekan lalu, pejabat intelijen AS mengeluarkan pernyataan publik yang langka yang mengatakan mereka setuju dengan konsensus ilmiah global bahwa virus itu berasal dari hewan, tetapi akan terus menyelidiki apakah itu adalah hasil dari kecelakaan di laboratorium. (Baca: Intelijen AS: Virus COVID-19 Bukan Buatan Manusia )

China pertama kali melaporkan kasus pneumonia "misterius" kepada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada akhir Desember tahun lalu, dan cluster kasus itu kemudian dikaitkan dengan vendor dan penjual di pasar makanan laut di Wuhan.
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1074 seconds (0.1#10.140)