Soal Virus Corona, Profesor Harvard Tak Bermaksud Menghina Indonesia

Sabtu, 15 Februari 2020 - 00:10 WIB
Soal Virus Corona, Profesor Harvard Tak Bermaksud Menghina Indonesia
Soal Virus Corona, Profesor Harvard Tak Bermaksud Menghina Indonesia
A A A
JAKARTA - Profesor Marc Lipsitch, akademisi Universitas Harvard, membela risetnya yang menduga kasus virus Corona baru; Covid-19 , sudah masuk di Indonesia tapi tak terdeteksi dan tidak dilaporkan. Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto tersinggung dengan laporan riset tersebut dan menganggapnya sebagai penghinaan.

Indonesia, negara terpadat keempat di dunia, menegaskan tidak memiliki kasus Covid-19. Profesor Lipsitch mengatakan bahwa risetnya tidak bermaksud menghina negara Indonesia dalam hal kemampuan mendeteksi virus.

Pada hari Kamis, para pejabat kesehatan di Indonesia mengatakan mereka menelusuri kembali pergerakan seorang wisatawan China yang didiagnosis memiliki virus Corona baru saat kembali dari Bali. Tidak ada seorang pun di Bali yang ditemukan memiliki gejala terinfeksi virus tersebut.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan awal bulan ini bahwa mereka sangat prihatin dengan negara-negara berisiko tinggi dengan sistem kesehatan yang lebih lemah yang mungkin kekurangan fasilitas untuk mengidentifikasi kasus. (Baca: Ilmuwan Havard Khawatir Virus Corona di Indonesia Tak Terdeteksi )

Lipsitch, dari Center for Communicable Disease Dynamics di Harvard TH Chan School of Public Health, ikut menulis makalah yang menemukan beberapa lokasi termasuk Indonesia, Kamboja dan Thailand di mana jumlah kasus di bawah tingkat yang diharapkan.

"Kami mendukung penelitian kami," katanya. “Saya tentu saja tidak bermaksud menghina negara atau orang mana pun. Peran kesehatan masyarakat adalah untuk menemukan masalah potensial dan menunjukkannya," katanya lagi, seperti dikutip The Guardian, Jumat (14/2/2020).

Dia mengatakan tiga kasus yang tidak terkait di Singapura—negara yang dia anggap "ahli" dalam pelacakan kontak—telah meningkatkan kekhawatiran transmisi serupa terjadi di bawah radar di tempat lain.

Menurut Lipsitch, hipotesis utama untuk kurangnya kasus yang dilaporkan di Indonesia adalah bahwa kasus impor tidak terjawab. Dia merujuk pada laporan Sydney Morning Herald bahwa Indonesia tidak memiliki alat tes virus Corona baru hingga 5 Februari untuk mendukung teori tersebut. (Baca juga: Bak Zombie, Para Korban Virus Wuhan di China Ambruk di Jalan-jalan )

“Jika kasus telah diperkenalkan ke Indonesia, maka ada kemungkinan besar lebih banyak kasus beredar melalui transmisi dari kasus tersebut. Jika demikian, mereka mungkin tidak terdeteksi selama beberapa minggu karena individu mungkin tidak mencari perawatan atau mungkin tidak dicurigai dan diuji untuk Coronavirus, terutama jika tidak ada hubungan langsung ke China," katanya.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan kepada wartawan di Jakarta awal pekan ini; "Mereka bisa dibuat bingung tetapi ini fakta (bahwa tidak ada kasus)".

Seorang mantan diplomat senior di Indonesia, yang tidak ingin disebutkan namanya, mengatakan dia tidak percaya pernyataan resmi bahwa tidak ada kasus yang ditemukan. "Ada kecenderungan untuk menyembunyikan atau menutupi masalah serius di tingkat atas pemerintahan," katanya. "Saya agak khawatir."

Dr Yanri Wijayanti Subronto, seorang dosen di Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta, mengatakan bahwa dinas kesehatan setempat memiliki tim pengawasan."Ini adalah sistem yang berfungsi," katanya.

Tetapi para ahli lain menyatakan keprihatinan atas pelatihan praktisi kesehatan masyarakat yang tidak memadai.

Dr Riris Andono Ahmad, direktur Pusat Pengobatan Tropis di Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta, mengatakan fasilitas telah disiapkan untuk menangani kasus potensial tetapi praktisi kesehatan belum menerima pelatihan yang memadai. "Kita harus lebih waspada," kata Riris.

Saat ini, kata Riris, kebijakan di Yogyakarta adalah untuk mengirim semua sampel dari pasien yang berpotensi terkena dampak ke fasilitas pengujian di Jakarta.

"Kesadaran publik tentang langkah-langkah pencegahan yang efektif tidak tinggi," katanya. “Misalnya, ada banyak pembelian masker, tetapi masker hanya bekerja dengan orang-orang yang sudah sakit. Sedangkan sesuatu yang benar-benar berfungsi, seperti mencuci tangan lebih sering, saya belum tahu berapa banyak orang yang benar-benar melakukannya."

Para pejabat di Korea Utara, negara lain yang memiliki hubungan dekat dengan China belum melaporkan kasus. Pihak berwenang di negara komunis itu memiliki sistem kesehatan yang belum sempurna dan telah secara efektif menempatkan seluruh negara di bawah karantina dengan mengunci perbatasan dan menghentikan semua kereta api dan penerbangan internasional.

Terlepas dari tindakan pencegahan ini, ada laporan kasus di utara negara itu dan di Pyongyang. Demikian disampaikan Jiro Ishimaru, kepala Asia Press yang berbasis di Osaka, yang mengelola jaringan rahasia jurnalis warga di Korea Utara.

"Ada banyak desas-desus yang beredar bahwa beberapa orang telah terinfeksi di dekat Dandong, tepat di sisi perbatasan China, dan zona ekonomi khusus Rason (di sisi Korea Utara)," kata Ishimaru kepada The Guardian. "Saya telah mendengar dari kontak kami bahwa beberapa orang di Rason telah diasingkan selama 20-30 hari untuk mencegah wabah."

Penutupan perbatasan telah memiliki dampak dramatis pada perekonomian. “Mengingat ketergantungan Korea Utara yang sangat besar pada China untuk hal-hal seperti makanan, minyak goreng, dan bensin, ada kekurangan kebutuhan sehari-hari. Orang-orang bertanya mengapa itu terjadi, dan itulah bagaimana mereka mendengar tentang virus Corona," kata Ishimaru.

"Pihak berwenang dapat menyangkal bahwa Coronavirus telah mencapai Korea Utara, tetapi inflasi dan kekurangan adalah fakta kehidupan."
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6868 seconds (0.1#10.140)