Kapal Perang AS Dibom Tahun 2000, Sudan Beri Kompensasi pada Korban

loading...
Kapal Perang AS Dibom Tahun 2000, Sudan Beri Kompensasi pada Korban
Kapal Perang AS Dibom Tahun 2000, Sudan Beri Kompensasi pada Korban
KHARTOUM - Sudan telah setuju untuk memberikan kompensasi kepada keluarga pelaut yang tewas dalam serangan bom al-Qaeda terhadap kapal perang Amerika Serikat (AS), USS Cole, tahun 2000 atau 20 tahun lalu.

Kantor berita negara Sudan, SUNA, pada hari Kamis (13/2/2020), melaporkan pemberian kompensasi ini bagian dari upaya pemerintah untuk mengeluarkan negara tersebut dari daftar negara sponsor terorisme yang dirilis AS.

Para pengamat dan pejabat Sudan mengatakan bahwa penyelesaian kompensasi untuk keluarga para korban adalah di antara rintangan terakhir yang dihadapi Sudan dalam perjalanannya untuk dihapus dari black list (daftar hitam) AS.

Laporan SUNA mengatakan penyelesaian kompensasi telah ditandatangani pada 7 Februari. Laporan itu tidak menyebutkan jumlah yang dibayarkan sebagai kompensasi, tetapi sumber yang mengetahui tentang kesepakatan itu—yang berbicara dengan syarat anonim—mengatakan bahwa Sudan telah setuju untuk menyelesaikan kasus ini sebesar USD30 juta .





Menteri Informasi Sudan dan juru bicara pemerintah interim, Faisal Saleh, mengatakan kepada kantor berita AP bahwa Menteri Kehakiman Nasr-Eddin Abdul-Bari pada pekan lalu telah melakukan perjalanan ke Washington untuk menandatangani perjanjian yang mencakup kompensasi bagi korban terluka dan keluarga korban yang tewas.

Dia mengatakan angka-angka besaran kompensasi tidak bisa diungkapkan karena pemerintah Sudan masih berada di tengah negosiasi untuk mencapai penyelesaian serupa dengan keluarga korban pengeboman Kedutaan Besar AS di Kenya dan Tanzania tahun 1998.

"Pengacara kami menyarankan kami untuk tidak mengungkapkan angka-angka karena itu mungkin memengaruhi negosiasi kami yang sedang berlangsung," kata Saleh. Dia mengatakan, bagaimanapun, bahwa pihak Amerika bebas untuk mengungkapkan jumlah jika ingin melakukannya.

Saleh menambahkan bahwa Washington telah menetapkan perombakan aparat keamanan negara Sudan sebagai syarat lain untuk mengeluarkan negara tersebut dari daftar negara sponsor terorisme.
halaman ke-1 dari 3
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top