Kemlu: Proses Evakuasi WNI di Wuhan Dilakukan Dalam Waktu Dekat

Kamis, 30 Januari 2020 - 19:05 WIB
Kemlu: Proses Evakuasi WNI di Wuhan Dilakukan Dalam Waktu Dekat
Kemlu: Proses Evakuasi WNI di Wuhan Dilakukan Dalam Waktu Dekat
A A A
JAKARTA - Kementerian Luar Negeri Indonesia menyatakan, proses pemulangan warga negara Indonesia (WNI) di Wuhan dan wilayah lain di Provinsi Hubei, China dilakukan dalam waktu dekat. Kemlu menuturkan, saat ini pihaknya dan kementerian serta instansi terkait tengah mematangkan proses evakuasi tersebut.

Dalam siaran pers yang diterima Sindonews pada Kamis (30/1/2020), Kemlu menuturkan bahwa pemerintah China telah menyatakan kesiapan untuk memfasilitasi pemulangan WNI dari wilayah terdampak virus Corona, Provinsi Hubei ke Indonesia.

"Pemerintah Indonesia siap memulangkan WNI dalam waktu dekat. Saat ini, sedang dimatangkan kesiapan di dalam negeri dan memastikan pengelolaan logistik pemindahan WNI dari tujuh titik di Provinsi Hubei ke tempat penjemputan, sebelum pesawat tiba di lokasi penjemputan (Bandara di Wuhan). Hal ini diperlukan agar tidak ada hambatan saat proses pemulangan diaktifkan," bunyi keterangan Kemlu.

"Tim KBRI Beijing sudah berada di dekat wilayah terdampak untuk membantu fasilitasi proses tersebut di lapangan. KBRI telah meminta para WNI di Hubei untuk menyiapkan dokumen perjalanan dan administratif lainnya," sambungnya.

Kemlu kemudian menuturkan, mereka bekerjasama dengan berbagai instansi terkait di dalam negeri, antara lain TNI, Kementerian Kesehatan, dan Imigrasi dalam proses ini.

"Tugas utama Kementerian Luar Negeri adalah untuk memudahkan penjemputan dan membawa para WNI ke Tanah Air. Di dalam negeri, instansi terkait lain yang akan memfasilitasi sesuai tugas pokok dan fungsi mereka," tukasnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6088 seconds (0.1#10.140)