Manusia Terpendek di Dunia Tutup Usia

Sabtu, 18 Januari 2020 - 14:22 WIB
Manusia Terpendek di Dunia Tutup Usia
Manusia Terpendek di Dunia Tutup Usia
A A A
KATHMANDU - Manusia terpendek di dunia asal Nepal, Khagendra Thapa Magar, meninggal dunia. Magar tutup usia di sebuah rumah sakit dalam usia yang masih terbilang muda 27 tahun.

Saudaranya mengatakan bahwa pria dengan tinggi badan 67,08 cm itu meninggal pada hari Jumat setelah berjuang melawan penyakit pneumonia yang dideritanya seperti dikutip dari BBC, Sabtu (18/1/2020).

"Ia tidak membiarkan ukurannya yang pendek menghentikannya untuk mendapatkan yang terbaik dari kehidupan," tulis Guinness World Records (GWR) sebagai bentuk penghormatan kepada sosok asal distrik Baglung, Nepal tersebut.

Magar diakui sebagai pria terpendek di dunia pada ulang tahunnya ke-18 pada tahun 2010 dalam sebuah upacara yang dihadiri oleh pejabat tinggi lokal dan internasional.

"Saya tidak menganggap diri saya pria pendek. Saya pria besar. Saya berharap gelar ini memungkinkan saya untuk membuktikannya dan mendapatkan rumah yang layak untuk saya dan keluarga," katanya saat itu.

GWR memiliki dua kategori untuk orang yang berperawakan pendek - bisa berjalan dan tidak bisa berjalan. Filipino Junrey Balawing, yang tidak bisa berjalan atau berdiri tanpa bantuan, adalah pria tidak bisa berjalan terpendek di dunia, berukuran 59,93 cm.

Magar kehilangan gelarnya sebagai manusia terpendek di dunia yang berjalan di dunia oleh sesama warga Nepal Chandra Bahadur Dangi, yang berukuran 54,6 cm. Namun, ia mendapatkan kembali setelah kematian Dangi pada tahun 2015.

Magar pertama kali terlihat oleh seorang penjual keliling ketika ia berusia 14 dan dibawa ke pameran lokal, di mana anak-anak dibayar untuk difoto di sebelahnya.

Setelah mendapat pengakuan dari GWR pada 2010, ia melakukan perjalanan keliling dunia dan membuat penampilan televisi di Eropa dan AS. Ia juga menjadi duta resmi kampanye pariwisata Nepal.

Craig Glenday, pemimpin redaksi GWR, mengatakan dia "sangat sedih" mendengar berita kematian Magar.

"Senyumnya yang cerah begitu menular sehingga dia meluluhkan hati siapa pun yang bertemu dengannya," katanya.

Rekor untuk manusia terpendek yang bisa berjalan sekarang dipegang oleh Edward Hernandez dari Kolombia, yang berukuran 70,21 cm.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3149 seconds (0.1#10.140)