KTT Kuala Lumpur Tidak Bahas Uighur, Ini Penjelasan Mahathir

Sabtu, 21 Desember 2019 - 10:55 WIB
KTT Kuala Lumpur Tidak...
KTT Kuala Lumpur Tidak Bahas Uighur, Ini Penjelasan Mahathir
A A A
KUALA LUMPUR - Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad, menjelaskan mengapa KTT Kuala Lumpur tidak membahas perlakuan China terhadap Muslim Uighur. Menurut Mahathir, KTT Kuala Lumpur bukan tentang politik atau agama.

Sosok yang dijuluki Dr. M itu mengatakan hal ini ketika ditanya apakah KTT itu akan mendukung perlakuan terhadap warga Uighur serta operasi yang dipimpin Saudi di Yaman.

Seperti diketahui, Malaysia mengadakan KTT Kuala Lumpur untuk membahas masalah-masalah komunitas Muslim global. KTT ini dihadiri delegasi sejumlah negara termasuk Presiden Iran Hassan Rouhani dan Presiden Turki Recep Tayyep Erdogan.

"Ini tentang negara-negara Muslim yang sedang berkembang," terang Mahathir seperti dikutip dari Free Malaysia Today, Sabtu (21/12/2019).

China menghadapi kecaman internasional yang meningkat karena mengumpulkan sekitar satu juta warga Uighur dan etnis minoritas Muslim lainnya dalam jaringan kamp-kamp interniran.

Beijing awalnya menyangkal keberadaan kamp-kamp ini, tetapi sejak itu menyebutnya sebagai "pusat pelatihan kejuruan" untuk memerangi terorisme.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8378 seconds (0.1#10.140)