Jerman Sesalkan Keputusan Rusia Usir 2 Diplomat dari Moskow

Kamis, 12 Desember 2019 - 20:12 WIB
Jerman Sesalkan Keputusan Rusia Usir 2 Diplomat dari Moskow
Jerman Sesalkan Keputusan Rusia Usir 2 Diplomat dari Moskow
A A A
BERLIN - Jerman menyesalkan keputusan Rusia mengusir dua diplomat mereka yang bertugas di Moksow. Rusia mengusir dua diplomat Jerman, sebagai respon atas tindakan serupa yang sebelumnya dilakukan oleh Berlin.

"Ini mengirimkan sinyal yang salah dan tidak bisa dibenarkan," kata Kementerian Luar Negeri Jerman dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Kamis (12/12/2019).

Kementerian Luar Negeri Rusia, sebelumnya dilaporkan telah mendeklrasikan bahwa dua diplomat Jerman persona non-grata, mengikuti langkah serupa oleh negara itu. Moskow memberikan waktu kepada kedua diplomat itu satu pekan untuk meninggalkan Rusia.

"Berdasarkan prinsip timbal balik dan Pasal 9 Konvensi Wina 1961 tentang Hubungan Diplomatik, pihak Rusia telah memutuskan untuk menyatakan dua karyawan Kedutaan Jerman di Rusia persona non grata," kata Kementerian Luar Negeri Rusia.

"Mereka harus meninggalkan wilayah negara kita dalam waktu tujuh hari, Duta Besar Jerman telah menerima surat yang relevan," sambungnya.

Pekan lalu, Jerman mengusir dua diplomat Rusia. Langkah itu diambil setelah jaksa mengatakan mereka memiliki alasan untuk percaya ada keterlibatan Moskow dalam pembunuhan seorang mantan pejuang Chechnya di Berlin pada musim panas ini.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6696 seconds (0.1#10.140)