Wakil Menlu Korut Terbang ke Rusia, Bahas Negosiasi dengan AS

Senin, 18 November 2019 - 23:01 WIB
Wakil Menlu Korut Terbang ke Rusia, Bahas Negosiasi dengan AS
Wakil Menlu Korut Terbang ke Rusia, Bahas Negosiasi dengan AS
A A A
TOKYO - Wakil Menteri Luar Negeri (Menlu) Korea Utara (Korut) Choe Son-hui melakukan perjalanan ke Rusia pada Senin (18/11). Kantor berita Jepang, Kyodo melaporkan, kunjungan itu diduga membahas upaya negosiasi kesepakatan dengan Amerika Serikat (AS).

Choe berada di barisan terdepan dalam negosiasi dengan AS yang bertujuan melucuti pgoram nuklir dan rudal Korut, dengan imbalan pencabutan sanksi internasional.

Perundingan itu tak mencapai kemajuan sejak konferensi tingkat tinggi (KTT) kedua antara Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Korut Kim Jong-un yang gagal menghasilkan kesepakatan di Vietnam pada Februari lalu. Meski demikian, kedua pemimpin pada Juni sepakat untuk membuka kembali perundingan.

Media Korut tidak menyebut perjalanan Choe ke Rusia.

"Duta Besar (Dubes) Rusia untuk Korut Alexander Matsegora bertemu Choe di Bandara Internasional Sunan untuk kunjungan ke Rusia pada Senin (18/11)," ungkap posting Kedutaan Besar (Kedubes) Rusia untuk Korut di halaman Facebook.

Kedubes Rusia tidak menjelaskan mengapa Choe mengunjungi Rusia.

Kyodo menyatakan, Choe mungkin membahas negosiasi AS dalam perjalanannya ke Rusia. Moskow tidak terlibat dalam upaya menekan Korut untuk melucuti senjatanya. Rusia selama bertahun-tahun terlibat dalam perundingan enam pihak yang terhenti pada 2008.
(sfn)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.0878 seconds (10.177#12.26)