Menteri Perdagangan Jepang Mundur Akibat Skandal Donasi Melon

Jum'at, 25 Oktober 2019 - 18:56 WIB
Menteri Perdagangan Jepang Mundur Akibat Skandal Donasi Melon
Menteri Perdagangan Jepang Mundur Akibat Skandal Donasi Melon
A A A
TOKYO - Menteri Perdagangan Jepang Isshu Sugawara mundur pada Jumat (25/10) setelah tuduhan pelanggaran undang-undang (UU) pemilu, hanya sebulan setelah menjabat.

Dia selama ini bertanggung jawab dalam menangani konflik dagang antara Jepang dan Korea Selatan (Korsel). Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe telah menerima pengunduran diri Sugawara dan meminta Hiroshi Kajiyama menjadi penggantinya sebagai Menteri Ekonomi, Perdagangan dan Industri.

"Saya bertanggung jawab untuk penunjukannya dan saya meminta maaf pada rakyat Jepang untuk hasil ini," kata Abe di kantornya, dilansir Reuters.

Sugawara mendapat tekanan setelah media menyatakan dia memberi hadiah pada para pemilih di konstituennya Tokyo, seperti buah melon dan kepiting mahal serta memberi uang duka cita pada keluarga pendukungnya. Akibatnya, dia pun diduga melanggar UU kampanye.

Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga menyatakan Sugawara perlu memberikan penjelasan. "Saya tidak ingin masalah saya memperlambat keputusan parlemen," kata Sugawara saat menjelaskan pengunduran dirinya.

Kajiyama sebelumnya menjabat di kabinet Abe sebagai menteri revitalisasi ekonomi lokal. Dia kini akan memimpin perundingan dagang dengan Korsel jika dia menerima posisi baru tersebut.
(sfn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4470 seconds (0.1#10.140)