Topan Hagibis dan Gempa 5,7 SR Hantam Jepang

Sabtu, 12 Oktober 2019 - 22:41 WIB
Topan Hagibis dan Gempa 5,7 SR Hantam Jepang
Topan Hagibis dan Gempa 5,7 SR Hantam Jepang
A A A
TOKYO - Gempa berkekuatan 5,7 skala Richter (SR) mengguncang pulau utama Jepang saat Topan Hagibis, salah satu badai terkuat dalam beberapa dasawarsa, terus membuat kehancuran di seluruh wilayah tengah negara itu.

Gempa ini masuk dalam skala 4 dari 7 pada skala intensitas Jepang, dengan pusat gempa terletak di Samudera Pasifik di Prefektur Chiba, dekat dengan kota-kota besar seperti Tokyo dan Shizuoka di pantai selatan Pulau Honshu. Tidak ada peringatan tsunami.

Badan Meteorologi Jepang (JMA) mengkonfirmasi gempa tersebut, mengatakan bahwa gempa itu melanda pada pukul 06.22 sore waktu setempat pada kedalaman 80 km di wilayah Chiba-ken.

Gempa itu terasa di seluruh ibu kota, membuat bangunan bergetar di tengah kondisi berbahaya yang disebabkan oleh Topan Hagibis seperti dikutip dari Independent, Sabtu (12/10/2019).

Sementara itu Topan Hagibis terus bergerak maju di jalur utara di selatan Pulau Honshu. Topan ini diprediksi akan menghantam Tokyo dan wilayah Kanto, yang akan mengalami hujan dan angin yang memecahkan rekor. Badai itu mendarat pada Sabtu malam, setelah sebelumnya skalanya diturunkan menjadi "kuat," tingkat JMA untuk topan tepat di atas badai tropis yang parah.

Lebih dari lima juta saran evakuasi sejauh ini telah diperintahkan di pantai selatan Honshu, dengan penduduk berlindung di pusat-pusat krisis di tengah meningkatnya tingkat banjir dan angin kencang yang telah menewaskan satu orang.

Di Greater Tokyo Area, bangsal telah mengeluarkan instruksi evakuasi - bentuk saran terkuat yang digunakan di Jepang. Lebih dari 432.000 penduduk di Bangsal Edogawa diberitahu pada Sabtu sore untuk pindah ke tempat penampungan darurat, dengan 214.000 rumah di daerah itu rentan terhadap banjir. Evakuasi juga telah dikeluarkan di Kawasaki, salah satu distrik utama kota.

Sekitar 57.000 rumah dibiarkan tanpa listrik di dan sekitar Tokyo, sementara gedung-gedung di wilayah Kansai, rumah bagi kota-kota seperti Osaka dan Kyoto, telah dirusak oleh banjir.

Korban tewas pertama badai dilaporkan pada Sabtu pagi. Menurut NHK, stasiun nasional Jepang, seorang pria dari Ichihara, sebuah kota di Prefektur Chiba, tewas ketika kendaraannya terbalik. Pria itu dibawa ke rumah sakit tempat dia dinyatakan meninggal.

Kekhawatiran telah dikemukakan bahwa badai, yang menghasilkan hembusan angin hingga 145 mph, bisa menyamai kehancuran yang disebabkan oleh Topan Kanogawa tahun 1958, salah satu yang paling mematikan dalam catatan, yang menewaskan lebih dari 1.200 orang ketika melanda Prefektur Shizuoka Jepang.

Dengan daerah terparah di Honshu yang diprediksi akan dilanda banjir hampir tiga kaki dalam periode 24 jam, JMA telah mengeluarkan peringatan darurat banjir, tanah longsor dan gelombang badai setinggi 42 kaki di sepanjang pantai. Tokyo diperkirakan akan mengalami hujan setinggi dua kaki.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5297 seconds (0.1#10.140)