Turki Bela Iran Terkait Serangan Kilang Minyak Saudi

Kamis, 26 September 2019 - 19:39 WIB
Turki Bela Iran Terkait Serangan Kilang Minyak Saudi
Turki Bela Iran Terkait Serangan Kilang Minyak Saudi
A A A
ANKARA - Presiden Turki, Tayyip Erdogan mendesak dunia internasional untuk tidak menyalahkan Iran atas serangan kilang minyak Arab Saudi. Amerika Serikat (AS), Saudi, dan sejumlah negara Eropa telah beberapa kali menyatakan bahwa mereka yakin Iran di balik serangan itu.

Dalam sebuah wawancara dengan Fox News, Erdogan mengatakan bahwa itu bukan hal yang benar untuk dilakukan, untuk menyalahkan Teheran atas serangan yang saat ini sedang diinvestigasi tersebut.

"Kita perlu mengenali serangan skala ini berasal dari beberapa bagian Yaman. Tetapi, jika kita hanya menempatkan seluruh beban pada Iran, itu tidak akan menjadi cara yang tepat untuk pergi. Karena bukti yang tersedia tidak selalu menunjukkan fakta itu," ucap Erdogan, seperti dilansir Al Jazeera pada Kamis (26/9).

Di kesempatan yang sama, Erdogan juga menyinggung rentetan sanksi yang dijatuhkan oleh AS terhadap Iran. Pemimpin Turki itu mempertanyakan efektivitas sanksi itu untuk membantu menyelesaikan masalah yang ada.

"Kami di sini hari ini dan pergi besok. Khususnya, karena kami bertetangga dengan Iran, dan saya tahu bahwa sanksi tidak pernah menyelesaikan apa pun," ungkapnya dan menolak tuduhan bahwa Turki membantu Iran dan negara-negara lain menghindari sanksi AS.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7010 seconds (0.1#10.140)