Horor, Asap Penuhi Kabin British Airways Pengangkut 183 Orang

Selasa, 06 Agustus 2019 - 17:19 WIB
Horor, Asap Penuhi Kabin British Airways Pengangkut 183 Orang
Horor, Asap Penuhi Kabin British Airways Pengangkut 183 Orang
A A A
VALENCIA - Insiden horor dialami penerbangan British Airways saat terbang dari bandara Heathrow, Inggris ke Valencia, Spanyol, Senin sore. Tiba-tiba, asap memenuhi kabin dan pesawat bergegas mendarat agar 183 orang di dalam pesawat cepat dievakuasi.

Tiga orang dibawa ke rumah sakit setelah kejadian tersebut, namun ketiganya dilaporkan sudah dipulangkan.

Seorang penumpang dalam penerbangan dari bandara Heathrow London men-tweet-kan video yang diambil dari kabin penuh asap. Dia mengklaim kebakaran telah terjadi di pesawat.

Penumpang tersebut yang merupakan seorang jurnalis olahraga Spanyol bernama Dani Meroño Bori, mengatakan ia dan yang lainnya terpaksa meninggalkan pesawat menggunakan slide darurat.

"Panik!!! Takut. Belum pernah melalui hal seperti itu sebelumnya," tulis dia. "Sungguh keajaiban. Pesawat yang kami tumpangi dari London ke Valencia terbakar. Kami baru saja mendarat," lanjut dia, dikutip The Guardian, Selasa (6/8/2019).

Dalam tweet selanjutnya, dia menulis; "Kami mencoba keluar tetapi tidak ada yang berhasil!!! Kami terjebak tetapi mereka akan membuka pintu!!! Kami telah mendarat di bandara Manises (di Valencia)."

Setelah ia turun dari pesawat, Meroño menulis tweet; "Semua orang baik-baik saja tetapi ada orang yang memiliki waktu yang sangat sulit. Sangat mengejutkan ketika asap mulai muncul saat kami terbang. Untungnya kami dekat dan semuanya ternyata baik-baik saja. Kami mengambil napas dalam-dalam ketika kami mendarat."

Wartawan itu mengeluhkan kurangnya informasi dari staf penerbangan dan mengatakan beberapa penumpang dibiarkan meyakinkan orang lain.

Gayle Fitzpatrick, dari penumpang asal Glasgow, Skotlandia, yang sedang berlibur bersama suaminya, Stephen, menggambarkan saat asap memasuki kabin.

"Itu sangat menakutkan. Penerbangan baru saja berakhir, dan dengan 10 menit lagi, mulai turun dengan cepat ketika asap mulai memenuhi kabin," katanya kepada PA Media.

"Detektor berbunyi bahwa kabin dipenuhi asap...Tidak ada komunikasi dari kru, yang mulai memakai masker oksigen penuh dan pelindung kebakaran," ujarnya.

“Akhirnya mereka berhasil membuka pintu darurat dan menyuruh kami menuruni (tangga) peluncuran. Ada pemadam kebakaran yang menunggu dan kemudian kami semua diantar ke dalam bus ke bandara."

Gayle Fitzpatrick mengklaim penumpang telah terjebak di bandara selama berjam-jam tanpa informasi sama sekali.

"Pilot itu membuat lintasan menurun yang sangat tajam, mendaratkan benda ini, menariknya ke sisi jalan dan berhenti dengan tiba-tiba," imbuh Stephen Fitzpatrick.

"Kita bisa melihat mobil pemadam kebakaran berebut, tetapi terkejut mereka belum ada di sana mengingat (ada) waktu peringatan. Tidak ada komunikasi setiap saat dari kru," paparnya.

Setelah para penumpang keluar dari pesawat, Fitzpatrick mengatakan mereka mengurusi diri sendiri dan menghabiskan hampir lima jam di area bagasi.

Pihak British Airways telah mengonfirmasi insiden menakutkan itu."Penerbangan BA422 dari Heathrow ke Valencia mengalami masalah teknis dalam pendekatan pendaratannya ke Valencia. Semua pelanggan kami dievakuasi dengan aman oleh kru kami dan bertemu dengan layanan darurat bandara," bunyi pernyataan maskapai tersebut.

“Ada 175 pelanggan di pesawat, dengan enam awak kabin dan dua pilot. Tiga pelanggan dibawa ke rumah sakit sebagai tindakan pencegahan," lanjut pernyataan maskapai.

“Keamanan pelanggan dan kru kami selalu menjadi prioritas utama kami. Selain tim kami di lokasi, anggota tim British Airways lainnya telah tiba di Valencia untuk membantu pelanggan kami dan mitra bandara lokal kami dengan apa pun yang mereka butuhkan."
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4950 seconds (0.1#10.140)