Tebing Pantai Selancar Populer di California Runtuh, Tiga Tewas

Sabtu, 03 Agustus 2019 - 23:42 WIB
Tebing Pantai Selancar Populer di California Runtuh, Tiga Tewas
Tebing Pantai Selancar Populer di California Runtuh, Tiga Tewas
A A A
CALIFORNIA - Pantai selancar yang populer di California terpaksa di tutup pada Sabtu (3/8/2019) setelah sebuah tebing runtuh, menjatuhkan banyak batu pasir ke pengunjung pantai dan menewaskan tiga orang.

Tebing setinggi 30 kaki jatuh ke pasir dekat Pantai Grandview di utara San Diego. Helikopter KNSD-TV merekam bagaimana kursi pantai, handuk, papan selancar, dan mainan pantai yang berserakan di pasir.

Pengunjung dan penjaga pantai di menara terdekat bergegas menuju tumpukan tebing yang menjulang tinggi, yang diperkirakan berbobot puluhan ribu pound, untuk membantu menggali korban.

"Saya melihat responden pertama, dan saya melihat penjaga pantai dengan panik menggali orang keluar dari puing-puing," kata Jim Pepperdine, saksi yang berada di dekat lokasi kejadian, kepada San Diego Union-Tribune yang dikutip New Zealand Herald.

Pepperdine mengatakan dia melihat orang-orang mencoba menyadarkan seorang wanita sebelum tubuhnya ditutupi.

Seorang wanita meninggal di tempat kejadian, dan dua orang lagi kemudian meninggal di rumah sakit. Korban lain dibawa ke rumah sakit, dan korban yang menderita luka ringan dirawat di tempat kejadian, menurut pernyataan dari pemerintah kota.

Nama dan umur para korban tidak segera dirilis. Pihak berwenang mengatakan semua korban adalah orang dewasa.

Anjing-anjing pelacak dibawa untuk mencari korban-korban lain, dan sebuah traktor dibawa ke lokasi untuk memindahkan puing-puing yang padat dan berat. Tidak ada korban lain yang ditemukan pada Jumat malam.

"Pantai tersebut dapat dicapai dengan tangga kayu dari tempat parkir. Rumah-rumah di atas tebing tidak dalam bahaya," kata Kepala Pemadam Encinitas Mike Stein.

"Tebing yang tidak stabil dan mempersulit upaya pencarian, kata Stein."

Pinggiran utara San Diego telah dihantam kenaikan permukaan air di Samudera Pasifik, menekan tebing di sepanjang pantai. Beberapa tebing dibentengi dengan dinding beton untuk mencegah rumah jutaan dolar jatuh ke laut.

Hamparan panjang pantai di Encinitas adalah hamparan pasir tipis di antara ombak yang kuat dan dinding batu yang menjulang. Orang-orang yang duduk di kursi pantai atau selimut kadang-kadang terkejut ketika ombak bergulung melewati mereka dan dalam jarak beberapa kaki dari dinding.

Pantai Grandview cukup sempit, dengan pasang tinggi minggu ini. Peselancar meletakkan papannya tegak lurus di tebing.

Tebing-tebing di tepi tebing bukanlah hal yang aneh ketika lautan menyapu dasar batu pasir, kata pihak berwenang. Beberapa daerah pantai ditandai dengan tanda peringatan bahaya longsor.

Beberapa orang terbunuh atau terluka selama bertahun-tahun akibat tebing yang runtuh. Tribune melaporkan bahwa Rebecca Kowalczyk (30) dari Encinitas meninggal di dekat daerah yang sama pada 16 Januari 2000, ketika sepotong tebing selebar 110 yard jatuh dan menguburnya.

"Jurang tebing memberi jalan empat hingga delapan kali setahun di California Selatan, tetapi tidak ada yang sebesar ini," kata Brian Ketterer, kepala divisi lapangan selatan Taman Negara Bagian California.

"Ini adalah garis pantai yang tererosi secara alami," kata Kapten Penjaga Pantai Encinitas Larry Giles. "Benar-benar tidak ada irama atau alasan, tapi itulah yang dilakukannya secara alami. Ini yang dilakukannya, dan beginilah sebagian pantai sebenarnya dibuat. Sebenarnya ada kegagalan-kegagalan ini," tukasnya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4656 seconds (0.1#10.140)