Trump Mengaku Ingin Tarik Pasukan dari Afghanistan

Selasa, 02 Juli 2019 - 19:16 WIB
Trump Mengaku Ingin Tarik Pasukan dari Afghanistan
Trump Mengaku Ingin Tarik Pasukan dari Afghanistan
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump mengatakan, dia ingin menarik pasukan AS keluar dari Afghanistan. Namun, dia juga mengakui khawatir jika pasukan AS keluar, Afghanistan dapat menjadi basis operasi untuk melakukan serangan teroris terhadap AS.

Dalam sebuah wawancara dengan Fox News , Trump mengatakan, masalah dengan menarik 9.000 tentara AS dari Afghanistan adalah bahwa negara akan menjadi laboratorium untuk teroris. "Saya menyebutnya Harvard teroris," kata Trump.

Dia menceritakan percakapannya dengan para pejabat militer AS, di mana Trump memberi tahu mereka tentang keinginannya untuk memindahkan pasukan. Trump mengatakan, para pejabat militer AS memperingatkannya, bahwa akan lebih baik untuk memerangi teroris di Afghanistan daripada di dalam negeri.

"Mereka mengatakan lebih baik menyerang teroris disana, dibanding menyerang teroris di sini. Itu sesuatu yang selalu harus kau pikirkan," ungkapnya, seperti dilansir Reuters pada Selasa (2/7).

Bahkan, jika AS memang akan menarik semua pasukanya, Trump mengatakan, Washington akan meninggalkan kehadiran intelijen yang sangat kuat di Afghanistan.

Penarikan mundur pasukan AS dari Afghanistan adalah salah satu syarat utama yang disampaikan oleh Taliban dalam pembicaraan damai dengan AS. Syarat ini juga merupakan hambatan utama dalam pembicaraan yang sudah memasuki putaran ketujuh tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3774 seconds (0.1#10.140)