AS Rilis Video Tentara Iran Pindahkan Ranjau dari Kapal Tanker di Teluk Oman

Jum'at, 14 Juni 2019 - 10:50 WIB
AS Rilis Video Tentara Iran Pindahkan Ranjau dari Kapal Tanker di Teluk Oman
AS Rilis Video Tentara Iran Pindahkan Ranjau dari Kapal Tanker di Teluk Oman
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) yang memperlihatkan Garda Revolusi Iran (IRGC) mengeluarkan sebuah ranjau yang tidak meledak dari salah satu dari dua kapal tanker yang meledak di Teluk Oman.

"Pada pukul 4:10 sore waktu setempat, sebuah kapal patroli Kelas Gashti IRGC mendekati M/T Kokuka Courageous dan diamati serta dicatat mengeluarkan ranjau limpet yang tidak meledak dari M/T Kokuka Courageous (video terlampir)," terang Kapten Angkatan Laut Bill Urban, juru bicara untuk Komando Pusat militer AS, dalam sebuah pernyataan seperti dilansir dari Al Jazeera, Jumat (14/6/2019).
AS Rilis Video Tentara Iran Pindahkan Ranjau dari Kapal Tanker di Teluk Oman

Militer AS juga merilis foto yang memperlihatkan sebuah ranjau sebelum dipindahkan. Washington yakin jika foto-foto itu dengan jelas menunjukkan anggota pasukan elit Iran mendekati kapal dan mengeluarkan apa yang diklaim sebagai ranjau limpet.

Serangan yang dilaporkan terjadi di Teluk Oman, lepas pantai Iran, menyebabkan satu kapal terbakar dan keduanya tengah terapung di lepas pantai. Insiden ini memaksa sejumlah kru meninggalkan kapal.

Serangan ini adalah yang kedua dalam sebulan di dekat Selat Hormuz yang strategis, sebuah jalur perairan utama bagi pasokan minyak dunia.

Meskipun detail kejadian masih belum diketahui, insiden ini terjadi di tengah meningkatnya gesekan antara Amerika Serikat dan Iran.

Rilis video itu dikeluarkan beberapa jam setelah Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo, menyalahkan Iran atas insiden tersebut. Pompeo mengatakan serangan tanpa alasan ini menghadirkan ancaman nyata bagi perdamaian dan keamanan internasional.

"Ini adalah penilaian Amerika Serikat bahwa Republik Islam Iran bertanggung jawab atas serangan itu," katanya di Washington. Namun Pompeo tidak memberikan bukti untuk mendukung sikap AS itu.

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif telah menyerang balik ke Pompeo, mengatakan tuduhan AS terhadap Iran adalah bagian dari "diplomasi sabotase" yang diadopsi oleh Tim B, yang ia katakan termasuk penasihat keamanan nasional AS John Bolton.

"Bahwa AS segera melompat untuk membuat tuduhan terhadap Iran - tanpa bukti faktual atau tidak langsung - hanya membuat sangat jelas bahwa #B_Team pindah ke #PlanB: diplomasi sabotase - termasuk oleh @AbeShinzo - dan menutupi #EconomicTerrorism melawan Iran," cuit Zarif.

AS telah menyalahkan Iran atas serangan sebelumnya terhadap kapal tanker minyak, mengatakan bahwa ranjau limpet buatan Iran digunakan untuk menyerang empat kapal tanker minyak pada 12 Mei di lepas pelabuhan Uni Emirat Arab, Fujairah. Namun Teheran menolak tuduhan itu sebagai tuduhan "konyol" dan menyerukan dialog antara negara-negara di Teluk untuk meredakan apa yang disebutnya "situasi keamanan yang mengkhawatirkan" di wilayah tersebut.

Sebelumnya pada bulan Mei, Washington telah mengirim pasukan dan kapal perang ke wilayah itu untuk menangkal ancaman yang tidak ditentukan dari Iran. Pengerahan itu terjadi setahun setelah Washington keluar dari kesepakatan multinasional yang mencabut sanksi terhadap Iran dengan imbalan pembatasan pada program nuklirnya.

AS juga menerapkan kembali dan memperketat sanksi terhadap Teheran.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7180 seconds (0.1#10.140)