Venezuela Hentikan Layanan Konsulat di Kanada

Minggu, 09 Juni 2019 - 13:22 WIB
Venezuela Hentikan Layanan Konsulat di Kanada
Venezuela Hentikan Layanan Konsulat di Kanada
A A A
CARACAS - Menteri Luar Negeri Venezuela, Jorge Arreaza mengatakan, Caracas akan berhenti memberikan layanan di konsulatnya di Kanada. Ini adalah respon atas keputusan Kanada yang menghentikan sementara operasi Kedutaan Besar mereka di Venezuela.

"Venezuela akan berhenti menyediakan layanan konsuler di Vancouver, Toronto dan Montreal," kata Arreaza dalam sebuah pernyataan di akun Twitternya, seperti dilansir Sputnik pada Minggu (9/6).

"Semua fungsi diplomatik akan dikonsentrasikan di Kedutaan Besar Venezuela di Ottawa. Kami berharap Kanada akan segera mengembalikan kedaulatannya dalam kebijakan luar negeri mereka," sambungnya.

Sebelumnya diwartakan, Menteri Luar Negeri Kanada, Chrystia Freeland pekan lalu mengatakan, pihaknya telah memutuskan untuk menghentikan sementara operasi Kedutaan Besar mereka di Venezuela. Keputusan ini diambil di tengah belum dicapainya solusi untuk penyelesaian krisis politik di Venezuea.

Freeland mengatakan, selain karena kritis politik yang terus memburuk, keputusan ini juga diambil karena pemerintahan Presiden Venezuela, Nicolas Maduro membatasi kemungkinan beberapa misi asing berfungsi di negara itu.

"Pada akhir bulan ini, para diplomat Kanada di Venezuela tidak akan lagi berada dalam posisi untuk memperoleh akreditasi diplomatik di bawah rezim Maduro, dan visa mereka akan kedaluwarsa. Karena itu, kami tidak punya pilihan selain untuk sementara waktu menunda operasi kami di Kedutaan Besar Kanada untuk Venezuela, segera berlaku," kata Freeland.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5884 seconds (0.1#10.140)