Kelompok Teror Paling Berbahaya di Dunia

Kamis, 06 Juni 2019 - 10:25 WIB
Kelompok Teror Paling...
Kelompok Teror Paling Berbahaya di Dunia
A A A
DI DUNIA ini banyak bermunculan kelompok teroris. Mereka menebar ketakutan kepada sasarannya. Korban jiwa dan luka sering kali berjatuhan saat aksi teror dilancarkan. Berikut kelompok teroris paling berbahaya di dunia.

1. Negara Islam di Suriah dan Irak (ISIS)

Kelompok Teror Paling Berbahaya di Dunia


Didirikan oleh Abu Bakr al-Baghdadi, Negara Islam di Suriah dan Irak (ISIS) menguasai sebagian besar wilayah Irak dan Suriah di bawah kendalinya. Dikenal juga sebagai Negara Islam di Suriah dan Levant (ISIL), Negara Islam (IS),atau Daesh. ISIS telah melakukan kekejaman luas dan melembagakan interpretasi brutal terhadap hukum Islam di daerah itu, termasuk puluhan kota-kota yang tersebar di Irak dan Suriah.

2. Al-Qaeda

Kelompok Teror Paling Berbahaya di Dunia


Al-Qaeda dibentuk pada 1988 oleh Osama bin Laden, yang tewas pada 2011 dalam sebuah operasi oleh US Navy Seals. Kelompok ini diburu setelah melakukan serangan 11 September 2001, tetapi telah dikalahkan dalam satu tahun terakhir oleh ISIS. Sejak kematian Osama, jaringan ini dipimpin oleh Ayman al-Zawahiri dari Mesir.

3. Taliban

Kelompok Teror Paling Berbahaya di Dunia


Taliban Afghanistan didirikan pada 1994 di bawah kepemimpinan Mullah Mohammed Omar, yang juga komandan dan pemimpin spiritual. Tujuan utama organisasi adalah membentuk negara Islam di Afghanistan.

Kelompok ini memerintah Afghanistan pada 1996-2001 dan memberlakukan hukum syariah ketat. Kelompok ini sempat digulingkan lewat aksi militer Amerika Serikat setelah serangan 11 September 2001.

4. Taliban Pakistan

Kelompok Teror Paling Berbahaya di Dunia


Pada Desember 2015, Taliban Pakistan, juga disebut Tehreek-e-Taliban Pakistan (TTP), menyerbu Army Public School di utara-barat kota Peshawar Pakistan pada hari kerja, membantai 148 orang (termasuk 132 anak-anak) dalam serangan teror paling mematikan di negara itu. Kelompok ini juga berada di balik penembakan pemenang Nobel Perdamaian Malala Yousafzai.

5. Al-Nusra Front

Kelompok Teror Paling Berbahaya di Dunia


Al-Nusra Front atau Front Pembela Rakyat Suriah kadang-kadang dikenal sebagai Al-Qaeda di Suriah. Mengumumkan keberadaannya dengan video yang diposting secara online pada 2012, dan bertujuan mengganti rezim Presiden Bashar al-Assad dengan negara Islam.

6. Boko Haram

Kelompok Teror Paling Berbahaya di Dunia


Boko Haram bertujuan memaksakan bentuk yang keras dari hukum Islam di Nigeria. Namanya berarti pendidikan Barat adalah dosa. Kelompok ini melarang Muslim terlibat dalam kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat Barat, termasuk suara dalam pemilihan, mengenakan kemeja dan celana panjang atau menerima pendidikan sekuler. (Wahyono)

Sumber: The Star
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2403 seconds (0.1#10.140)