RI Tekankan Pentingnya Persatuan OKI Dalam Dukung Palestina

Kamis, 30 Mei 2019 - 21:09 WIB
RI Tekankan Pentingnya...
RI Tekankan Pentingnya Persatuan OKI Dalam Dukung Palestina
A A A
JEDDAH - Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi menegaskan pentingnya persatuan Organisasi Kerjasama Islam (OKI) dalam mendukung Palestina. Hal itu disampaikan Retno saat pertemuan Menteri Luar Negeri negara OKI di Jeddah, Arab Saudi.

"OKI harus bersatu dan langkah OKI harus solid dan terkoordinasi dalam mendukung Palestina," kata Retno, seperti dikutip dari siaran pers Kementerian Luar Negeri Indonesia yang diterima Sindonews pada Kamis (30/5).

Retno menekankan bahwa rencana perdamaian untuk mengakhiri konflik Israel-Palestina harus memperhatikan tiga kriteria, yaitu inklusifitas dengan melibatkan pihak yang bertikai, lalu komprehensif yakni dengan tidak mengorbankan hak-hak politik Palestina dan menghormati parameter yang telah disepakai secara internasional.

Di kesempatan yang sama, diplomat senior Indonesia juga menyampaikan kesiapan Indonesia untuk menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) OKI, pada saat giliran kawasan Asia tiba.

Pertemuan Tingkat Menteri negara OKI sendiri utamanya dimaksudkan untuk mempersiapkan dua dokumen untuk KTT OKI. Dua dokumen itu yaitu draft Final Communique dan resolusi mengenai Palestina dan Al-Quds Ash-Sharif. TT OKI sendiri akan digelar di Makkah pada esok hari.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3345 seconds (0.1#10.140)