Saudi Minta Negara Islam Tolak Intervensi Iran

Kamis, 30 Mei 2019 - 19:11 WIB
Saudi Minta Negara Islam Tolak Intervensi Iran
Saudi Minta Negara Islam Tolak Intervensi Iran
A A A
RIYADH - Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Ibrahim Al-Assaf di pertemuan Organisasi Kerjasama Islam (OKI) meminta negara-negara Islam untuk menentang apa yang dia sebut sebagai upaya campur tangan Iran dalam urusan negara lain.

"Dukungan Teheran untuk pemberontak Houthi di Yaman adalah bukti campur tangan Iran dalam urusan negara-negara lain dan ini adalah sesuatu yang negara-negara Islam harus tolak," kata Assaf, seperti dilansir Arab News pada Kamis (30/5).

Di kesempatan yang sama, Assaf menyebut Saudi mengutuk serangan teroris yang bertujuan mengancam pasokan minyak, merujuk pada sabotase empat kapal tanker di perairan Uni Emirat Arab (UE). Dia juga mendesak solusi politik di Suriah.

Terkait dengan sabotase kapal tanker, Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat (AS), John Bolton mengatakan, serangan pada awal bulan ini adalah hampir pasti pekerjaan dari ranjau laut Iran.

"Saya pikir ini jelas (serangan kapal tanker) hampir pasti merupakan ranjau laut dari Iran," ucap Bolton dan menambahkan jika serangan terhadap kapal tanker itu terkait dengan serangan terhadap stasiun pompa minyak di jalur pipa Timur-Barat Arab Saudi dan serangan roket di Zona Hijau di Ibu Kota Irak, Baghdad.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6438 seconds (0.1#10.140)