Bentrok Antar Geng di Penjara Amazon, 40 Napi Tewas

Selasa, 28 Mei 2019 - 11:30 WIB
Bentrok Antar Geng di Penjara Amazon, 40 Napi Tewas
Bentrok Antar Geng di Penjara Amazon, 40 Napi Tewas
A A A
SAO PAULO - Setidaknya 40 napi di Brasil ditemukan dicekik hingga mati pada hari Senin di empat penjara di kota hutan Amazon, Manaus. Sehari sebelumnya, 15 orang tewas saat geng-geng dalam penjara yang saling bersaing terlibat bentrokan.

Satuan tugas federal sedang dikirim ke Manaus dalam upaya untuk menghentikan kekerasan.

Sebuah pernyataan dari departemen pemasyarakatan negara bagian Amazonas merevisi jumlah korban tewas menjadi 40 setelah sebelumnya menyatakan jumlah korban tewas adalah 42. Pernyataan itu juga menyatakan bahwa pihak berwenang telah berhasil mengambil kembali kendali atas empat penjara. Tidak ada penjelasan lebih lanjut yang diberikan seperti dikutip dari Reuters, Selasa (28/5/2019).

Bentrokan penjara sering menyebar dengan cepat di Brasil, di mana geng-geng narkoba secara de facto menguasai hampir semua penjara.

Pada Januari 2017, hampir 150 tahanan tewas selama tiga minggu kekerasan di Brasil utara dan timur laut, ketika gerombolan setempat didukung oleh dua faksi narkoba terbesar Brazil - First Capital Command dan Red Command - saling membantai satu sama lain.

Setidaknya 15 narapidana tewas di penjara di Manaus pada hari Minggu, dengan pihak berwenang mengatakan mereka yang meninggal tersedak dan ditikam hingga mati.

Presiden sayap kanan Brasil Jair Bolsonaro telah bersumpah untuk mendapatkan kembali kendali atas penjara negara itu - bersama dengan membangun lebih banyak penjara.

Tetapi sebagian besar penjara dikelola di tingkat negara bagian. Selama beberapa dasawarsa, penjara-pejara itu telah sangat padat dan di luar kendali pemerintah setempat. Penjara itu pun beralih fungsi menjadi pusat perekrutan geng narkoba.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4702 seconds (0.1#10.140)