Kirim Aset Militer ke Teluk, Iran Sebut AS 'Bermain dengan Api'

Selasa, 21 Mei 2019 - 22:54 WIB
Kirim Aset Militer ke Teluk, Iran Sebut AS Bermain dengan Api
Kirim Aset Militer ke Teluk, Iran Sebut AS 'Bermain dengan Api'
A A A
TEHERAN - Menteri Luar Negeri Iran, Javad Zarif, mengecam Washington karena mengirim kelompok tempur kapal induk dan satu skuadron pembom ke Teluk Persia. Ia menyatakan Amerika Serikat (AS) tengah memainkan permainan yang sangat berbahaya dengan meningkatkan kehadiran militernya di wilayah tersebut.

“Memiliki semua aset militer di jalur air kecil ini dengan sendirinya mudah mengalami kecelakaan, terutama ketika Anda memiliki orang yang tertarik dengan kecelakaan. Jadi kehati-hatian yang ekstrem diperlukan dan Amerika Serikat memainkan permainan yang sangat, sangat berbahaya,” katanya seperti dikutip dari Sputnik, Selasa (21/5/2019).

Sambil mencatat bahwa akan ada konsekuensi yang menyakitkan jika ada eskalasi, Zarif menekankan bahwa negara itu tidak tertarik untuk menambah ketegangan yang sudah ada.

Zarif juga mengatakan bahwa Iran tidak akan kembali ke meja perundingan kecuali pemerintah Trump menunjukkan rasa hormat terhadap Teheran dengan menghormati komitmennya di bawah Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA), yang juga dikenal sebagai kesepakatan nuklir 2015.

"Kami tidak mau berbicara dengan orang-orang yang telah melanggar janji mereka. Iran tidak pernah bernegosiasi dengan paksaan. Anda tidak dapat mengancam orang Iran dan mengharapkan mereka untuk terlibat. Cara untuk melakukannya adalah melalui penghormatan, bukan melalui ancaman," tegasnya.

Sebelumnya, Trump mengatakan tidak ada indikasi bahwa Iran sedang bersiap untuk mengambil tindakan terhadap kepentingan Amerika di Timur Tengah, tetapi menambahkan bahwa setiap provokasi akan dihadapi "dengan kekuatan besar".

“Kami tidak memiliki indikasi bahwa sesuatu telah terjadi atau akan terjadi, tetapi jika itu terjadi, itu akan dipenuhi dengan kekuatan besar. Kami tidak punya pilihan,” katanya.

Ketegangan antara Iran dan AS meningkat tahun lalu setelah Washington secara sepihak menarik diri dari perjanjian nuklir 2015 dan mengembalikan semua sanksi terhadap Teheran.

Tepat satu tahun setelah penarikan AS, pada 8 Mei 2019, Rouhani mengumumkan bahwa Iran akan menangguhkan sebagian kewajibannya berdasarkan kesepakatan, setelah memberikan lima penandatangan yang tersisa - Prancis, Rusia, Inggris, Jerman, dan Cina - batas waktu 60 hari untuk mengambil tindakan guna memastikan kepentingan Teheran di tengah sanksi AS.

Washington menaikkan taruhan dua minggu lalu dengan mengerahkan kelompok tempur kapal induk USS Abraham Lincoln dan satu gugus tugas pembom ke Teluk untuk mengirim pesan yang jelas dan tidak salah ke Iran.

Baru-baru ini, Trump mengeluarkan tweet di mana ia menulis, "jika Iran ingin berperang, itu resmi akan menjadi akhir Iran".

Sebagai tanggapan, Zarif secara terbuka menegur Trump di akun Twitter-nya sendiri, dengan mengatakan bahwa terorisme ekonomi dan ejekan genosida tidak akan mengakhiri Iran.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3244 seconds (0.1#10.140)