Terkait Iran, UE Diharapkan Ikuti Langkah AS

Rabu, 10 April 2019 - 09:41 WIB
Terkait Iran, UE Diharapkan...
Terkait Iran, UE Diharapkan Ikuti Langkah AS
A A A
WASHINGTON - Perwakilan Khusus Amerika Serikat (AS) untuk Iran, Brian Hook mengatakan, pihaknya berharap Uni Eropa (UE) dapat mengikuti langkah yang diambil Washington terhadap Iran. UE sejauh ini memang selalu "memberontak" terhadap apa yang diinginkan AS terkait dengan Iran.

"Pada titik tertentu, kami akan senang melihat UE untuk mencocokkan sikap kami terhadap Iran, pada individu, entitas yang memfasilitasi program rudal Iran," ucap Hook, seperti dilansir Sputnik pada Rabu (10/4).

Pernyataan ini juga datang tidak lama setelah Presiden AS, Donald Trump mengumumkan bahwa pemerintahannya secara resmi menunjuk Garda Revolsui Iran (IRGC), sebagai organisasi teroris asing. Keputusan Washington menetapkan badan militer negara lain sebagai kelompok teroris ini merupakan yang pertama kalinya dalam sejarah.

Terkait penunjukan IRGC ini, Iran menyebut keputusan AS untuk memasukan IRGC ke dalam daftar teroris sebagai kesalahan besar. Teheran menyebut keputusan ini dapat membahayakan perdamaian dan stabilitas di Timur Tengah dan sekitarnya.

"Tindakan tidak bijaksana dan ilegal ini merupakan ancaman besar bagi stabilitas dan perdamaian regional dan internasional. Iran menyebut rejim Amerika sebagai pendukung terorisme," kata Dewan Keamanan Nasional Tertinggi Iran.

Sementara itu, sekutu AS dan merupakan rival Iran di kawasan yakni Arab Saudi dilaporkan mendukung keputusan AS tersebut. Seorang pejabat Kementerian Luar Negeri Saudi menggambarkan langkah AS tersebut sebagai langkah praktis dan serius dalam upaya untuk memerangi terorisme.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1068 seconds (0.1#10.140)