AS Serahkan Properti Diplomatik ke Oposisi, Venezuela Kesal

Selasa, 19 Maret 2019 - 17:37 WIB
AS Serahkan Properti Diplomatik ke Oposisi, Venezuela Kesal
AS Serahkan Properti Diplomatik ke Oposisi, Venezuela Kesal
A A A
CARACAS - Menteri Luar Negeri Venezuela, Jorge Arreaza menyatakan, dia mengecam dengan keras keputusan Amerika Serikat (AS) untuk menyerahkan properti diplomatik di Washington kepada pihak oposisi Venezuela.

Pemerintah AS memberikan kendali atas tiga properti diplomatik Venezuela, dua bangunan milik Kementerian Pertahanan Venezuela di Washington dan satu gedung konsuler di New York, kepada perwakilan pemimpin oposisi Juan Guaido, Carlos Vecchio.

"Aset diplomatik Venezuela di AS hanya dapat digunakan oleh personel resmi yang mewakili pemerintah Presiden Nicolas Maduro," kata Arreaza dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Anadolu Agency pada Selasa (19/3).

Dia mengatakan, keputusan itu melanggar Konvensi Wina tentang hubungan diplomatik. "Bahkan dalam perpecahan dalam hubungan diplomatik, Venezuela menghormati hak-hak AS di kedutaan besarnya di Caracas," ungkapnya.

Sementara itu, sebelumnya, utusan Guaido, Carlos Vecchio, pihaknya mengharapkan untuk mengambil kendali kedutaan besar Venezuela di Washington dalam waktu dekat.

AS dan puluhan negara lain mengakui Guaido sebagai pemimpin sementara negara kaya minyak itu ketimbang Presiden Nicolas Maduro, yang menolak untuk mundur dan menuduh Guaido sebagai boneka AS.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5901 seconds (0.1#10.140)