Sekolah Empat Lantai Runtuh di Nigeria, 100 Anak Terperangkap

Rabu, 13 Maret 2019 - 22:58 WIB
Sekolah Empat Lantai...
Sekolah Empat Lantai Runtuh di Nigeria, 100 Anak Terperangkap
A A A
LAGOS - Sebuah sekolah dasar empat lantai runtuh di Ibu Kota komersial Nigeria, Lagos. Jumlah korban tewas belum diketahui dan 100 anak-anak dikhawatirkan terperangkap di bawah puing-puing bangunan.

Para pekerja bekerja di atas puing-puing ketika ribuan orang mendatangi lokasi untuk menonton. Banyak dari mereka marah atau histeris saat polisi, ambulans, pekerja Palang Merah, truk pemadam kebakaran dan sebuah forklift mengangkat puing-puing di tengah-tengah mereka.

Penduduk mengatakan sekitar 100 anak tengah bersekolah, yang berada di tingkat atas gedung, dan delapan telah diselamatkan sejauh ini seperti dikutip dari Reuters, Rabu (13/3/2019).

Seorang wartawan Reuters melihat seorang bocah laki-laki berusia 10 tahun ditarik dari puing-puing, ditutupi debu tetapi tanpa luka yang terlihat, dan sorakan meledak dari kerumunan ketika anak lain ditarik keluar.

Gubernur Lagos Akinwuni Ambode mengunjungi lokasi tersebut dan mengucapkan simpatinya kepada pihak keluarga korban yang ditinggalkan, tetapi tidak mengatakan berapa banyak korban yang telah meninggal.

Seorang juru bicara untuk wilayah barat daya National Emergency Management Agency mengatakan bahwa jumlah korban belum diketahui tetapi banyak orang termasuk anak-anak diyakini terjebak.

Badan manajemen darurat Lagos mengatakan 10 orang telah diselamatkan hidup-hidup sejak para responden tanggap darurat tiba, dan sebelum yang lainnya.

Ambode mengatakan sekolah telah didirikan secara ilegal dan bangunan di daerah itu sedang menjalani uji integritas.

Bangunan itu berada di daerah Ita-faji di pulau Lagos, jantung asli kota laguna sebelum diperluas ke daratan. Warga setempat Yomi Olaniyi (42) mengatakan empat bangunan telah runtuh di daerah itu dalam beberapa tahun terakhir.

Foto Google dari gedung yang runtuh pada awal 2017 tidak menunjukkan tanda-tanda adanya sekolah di dalamnya. Lantai keempat hanya memiliki kata-kata "Villa Olulade (Mazmur 27)" yang dilukis di balkonnya.

Bangunan runtuh sering terjadi di Nigeria, di mana peraturan terkait pembangunan bangunan tidak diberlakukan dengan baik dan bahan bangunan sering di bawah standar.

Pada 2016, lebih dari 100 orang terbunuh ketika sebuah gereja ambruk di tenggara negara itu, dan di Lagos pada tahun yang sama, sebuah bangunan lima lantai runtuh, menewaskan sedikitnya 30 orang.

Sebuah sekolah terapung yang dibangun untuk menahan badai dan banjir juga runtuh di Lagos pada 2016, meskipun tidak ada korban luka yang dilaporkan.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8423 seconds (0.1#10.140)