Kapal Perusak AS Terjebak di Antara Dua Kapal Perang Rusia

Sabtu, 02 Maret 2019 - 04:24 WIB
Kapal Perusak AS Terjebak di Antara Dua Kapal Perang Rusia
Kapal Perusak AS Terjebak di Antara Dua Kapal Perang Rusia
A A A
MOSKOW - Kapal perusak milik Angkatan Laut Amerika Serikat (AS), USS Donald Cook, terjebak di antara dua kapal perang Rusia yang membayanginya di dekat Selat Dardanelles. Hal itu diungkapkan oleh seorang sumber diplomatik militer kepada media Rusia.

Kapal perang AS itu dilaporkan telah meninggalkan Selat sekitar pukul 8 pagi waktu setempat. Kapal itu kemudian diikuti oleh kapal fregat Rusia, Laksamana Essen, sepuluh menit kemudian.

Pada saat yang sama, kapal perusak yang mampu membawa rudal Tomahawk itu melakukan manuver untuk menghindari bentrokan dengan kapal fregat Laksamana Makarov Rusia, dalam perjalanan ke Laut Hitam dari Laut Mediterania, tempat mereka terlibat latihan militer di lepas pantai Suriah pada Januari lalu seperti dilansir dari Sputnik, Sabtu (2/3/2019).

Pengguna media sosial yang memantau jalan kapal melalui selat sempit, memposting foto dari insiden tersebut dekat.

USS Donald Cook memasuki Laut Hitam pada 19 Februari, menuju pelabuhan Laut Hitam Ukraina di Odessa untuk kunjungan pelabuhan. Media Rusia sebelumnya melaporkan bahwa korvet kelas Buyan dan kapal kelas intelijen Yuri Ivanov ditugasi memantau aktivitas kapal perusak AS itu.

Kunjungan ini adalah entri kedua USS Donald Cook ke Laut Hitam pada tahun ini. Pada bulan Januari, kapal itu mengunjungi pelabuhan Batumi di Georgia.

Sesuai dengan Konvensi Montreux 1936 yang mengatur lalu lintas angkatan laut Laut Hitam, kapal perang dari kekuatan bukan Laut Hitam dilarang untuk tetap berada di perairan selama periode lebih dari 21 hari.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5840 seconds (0.1#10.140)