4 Orang Ditangkap Terkait Upaya Penyerangan Komunitas Muslim New York

Rabu, 23 Januari 2019 - 19:28 WIB
4 Orang Ditangkap Terkait Upaya Penyerangan Komunitas Muslim New York
4 Orang Ditangkap Terkait Upaya Penyerangan Komunitas Muslim New York
A A A
NEW YORK - Polisi New York, Amerika Serikat (AS) mengatakan, tiga pria dan satu orang remaja didakwa merencanakan untuk menyerang daerah kantong Muslim di New York dengan alat peledak.

Polisi memulai penyelidikan atas plot di wilayah Greece, New York, setelah seorang siswa menunjukkan foto kepada siswa lain dan mengatakan orang di foto itu terlihat seperti penembak sekolah. Setelah melakukan penyelidikan, polisi menemukan komplotan untuk menyerang komunitas Muslim di Islamberg, New York.

"Ada rencana untuk menyerang komunitas ini dengan senjata," kata Kepala Polisi Greece, Patrick Phelan dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Anadolu Agency pada Rabu (23/1).

Departemen Kepolisian Greece menangkap Brian Colaneri, Vincent Vetromile, dan Andrew Crysel pada hari Sabtu lalu. Ketiganya didakwa dengan tiga tuduhan memiliki senjata berbahaya tingkat pertama dan satu tuduhan konspirasi tingkat keempat.

Polisi juga menangkap dan menuduh seorang anak laki-laki berusia 16 tahun sehubungan dengan rencana itu dan berdasarkan undang-undang baru polisi dapat mengadilinya sebagai seorang remaja.

Polisi menemukan tumpukan 23 senjata serta tiga alat peledak improvisasi (IED), yang ditemukan di rumah 16 tahun. IED saat ini sedang diproses di laboratorium FBI di Virginia. Terkait hal ini, Dewan Hubungan Amerika-Islam (CAIR) menuntut dakwaan federal.

"Siapa pun yang dituduh merencanakan tindakan kekerasan terhadap minoritas agama harus menghadapi kejahatan kebencian negara bagian dan federal dan tuntutan hak-hak sipil yang sepadan dengan keseriusan tindakan mereka," kata Direktur Eksekutif CAIR-New York, Afaf Nasher.

Islamberg didirikan pada 1980-an oleh Mubarak Ali Gilani, seorang ulama yang berasal dari Pakistan, sebagai daerah kantong bagi Muslim yang melarikan diri dari kejahatan dan kemiskinan yang ada di daerah perkotaan. Komunitas ini sebagian besar terdiri dari Muslim kulit hitam.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5507 seconds (0.1#10.140)