Putin: Penarikan AS dari Perjanjian INF Picu Perlombaan Senjata

Sabtu, 01 Desember 2018 - 14:19 WIB
Putin: Penarikan AS dari Perjanjian INF Picu Perlombaan Senjata
Putin: Penarikan AS dari Perjanjian INF Picu Perlombaan Senjata
A A A
BUENOS AIRES - Penarikan Amerika Serikat (AS) dari Perjanjian Kekuatan Nuklir Jarak Menengah (INF) dapat menyebabkan perlombaan senjata tidak terkendali. Hal itu dikatakan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin.

"Penarikan dari Traktat INF menciptakan risiko perlombaan senjata yang tidak dapat dikendalikan," kata Putin di KTT Pemimpin G20 di Ibu Kota Argentina, Buenos Aires, seperti dikutip dari Anadolu, Sabtu (1/12/2018).

Sedangkan terkait kesepakatan nuklir Iran, Putin meminta AS untuk mencegah putaran baru ketegangan atas program nuklir Iran.

Perjanjian INF ditandatangani pada 1987 oleh Sekretaris Jenderal Soviet Mikhail Gorbachev dan Presiden AS Ronald Reagan. Pada 21 Oktober, Presiden AS Donald Trump mengumumkan niatnya untuk mundur dari perjanjian.

Sesi pertama KTT G20 akan membahas tentang nilai-nilai kemanusiaan, ekonomi global, masa depan kehidupan bisnis dan pemberdayaan perempuan. Sementara sesi kedua akan mencakup pembangunan berkelanjutan dan iklim, sementara sesi ketiga akan membahas infrastruktur, energi, dan masa depan pangan berkelanjutan.

Deklarasi bersama diharapkan akan dikeluarkan pada akhir KTT pada hari Sabtu atau Minggu esok.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5965 seconds (0.1#10.140)