Serangan Udara AS Tewaskan 60 Teroris al-Shabaab di Somalia

Rabu, 17 Oktober 2018 - 03:48 WIB
Serangan Udara AS Tewaskan 60 Teroris al-Shabaab di Somalia
Serangan Udara AS Tewaskan 60 Teroris al-Shabaab di Somalia
A A A
MOGADISHU - Serangan udara Amerika Serikat (AS) yang dikoordinasikan dengan pasukan pemerintah Somalia menewaskan sekitar 60 terpris al-Shabaab. Serangan tersebut diumumkan Komando Amerika Serikat Afrika (AFRICOM) dalam siaran pers-nya, hari Selasa.

Serangan udara ini dianggap sebagai serangan paling merusak terhadap kelompok militan Salafi tersebut sejak November 2017.

"Serangan udara presisi ini adalah serangan udara terbesar terhadap al-Shabaab sejak 21 November 2017, yakni ketika pasukan AS melakukan serangan udara terhadap sebuah kamp al-Shabaab yang menewaskan sekitar 100 teroris," kata AFRICOM.

Pesawat-pesawat tempur Amerika menyerang daerah yang dikuasai al-Shabaab di Haradere di Provinsi Mudug, Somalia.

"Serangan udara ini tidak melukai atau membunuh warga sipil," klaim AFRICOM, yang dilansir Reuters, Rabu (17/10/2018).

Sejak 2007, drone tempur militer AS telah mengobarkan perang terhadap beberapa kelompok afiliasi al-Qaeda di Somalia, di antaranya al-Shabaab.

Somalia telah dilanda kekerasan sejak pecahnya perang sipil antara faksi-faksi bersenjata di awal 1990-an. Kelompok al-Shabaab telah melakukan banyak serangan di seluruh negeri dalam upaya untuk memaksakan penerapan hukum syariah versi radikal.

Pada hari Minggu lalu, sepasang pelaku bom bunuh diri beraksi di Somalia barat daya yang menewaskan sekitar 17 orang. Serangan bom itu juga melukai 70 orang lainnya.

Serangan pada hari Minggu itu menandai peringatan satu tahun dari apa yang dijuluki sebagai serangan 9/11 di Somalia, ketika pelaku bom truk membantai 587 orang di Mogadishu.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6327 seconds (0.1#10.140)