Soal Bantuan Asing, Ini Penjelsan Kemlu RI

Senin, 01 Oktober 2018 - 22:16 WIB
Soal Bantuan Asing, Ini Penjelsan Kemlu RI
Soal Bantuan Asing, Ini Penjelsan Kemlu RI
A A A
JAKARTA - Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Luar Negeri, angkat bicara mengenai masuknya bantuan asing untuk penanggulangan gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. Kemlu membenarkan bahwa Indonesia akan menerima bantuan itu.

Juru bicara Kemlu Indonesia, Arrmanantha Nassir menjelaskan, proses penyelamatan dan penyaluran bantuan terhadap bencana yang terjadi di Sulawesi Tengah dilakukan secara nasional, yang dikoordinasikan oleh Kemenkopolhukan.

Pada Senin (1/10), lanjut Arrmanantha, telah dilakukan rapat koordinasi yang dipimpin oleh Menkopolhukam dan dari Kemlu dihadiri oleh Wakil Menteri Luar Negeri.

Dalam pertemuan tersebut, papar Arrmanantha, disampaikan bahwa sejak hari pertama ada banyak negara yang telah menyampaikan simpati dan doa kepada warga di Sulawesi Tengah baik itu melalui Menteri Luar Negeri atau kepada Presiden langsung.

Arrmanantha menyebut, dalam konteks tersebut juga telah disampaikan negara-negara itu siap memberikan bantuan kepada Indonesia, untuk mengatasi bencana yang ada di Sulawesi Tengah.

"Hari ini dalam rapat dibentuk satgas yang akan mengkoordinasikan bantuan-bantuan yang rencananya akan diberikan negara sahabat. Namun demikian saat ini, masih dilakukan inventerisasi bantuan-bantuan apa saja yang dibutuhkan," ucap Arrmanantha saat ditemui di kantor Kementerian Luar Negeri Indonesia.

"Kita kan tidak bisa menerima semuanya, kita akan lihat apa saja yang dibutuhkan, seperti apakah itu tenda, atau alat untuk membersihkan air. Apakah alat berat, apakah pesawat terbang, ini semua diinvestirisasi oleh satgas, untuk melihat apa saja yang kita butuhkan, agar semuanya ini terlaksana dan terkoordinasi dengan baik, sesuai dengan kebutuhkan yang diperlukan di lapangan," ungkapnya.

Ketika disinggung negara mana sajakah yang sudah menawarkan bantuan, Arrmanantha mengatakan terdapat sejumlah negara Eropa, seperti Prancis, Swiss, Norwegia, Hungaria. Dari Asia beberapa negara yang sudah menawarkan bantuan, seperti Arab Saudi, Korea Selatan dan Singapura. Selain itu, ada juga dari sejumlah organisasi internasionakl seperti Uni Eropa, UNHCR, dan AHA Center.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4413 seconds (0.1#10.140)