Sniper Israel Tembak Mati Demonstran Gaza, 54 Lainnya Luka Tembak

Sabtu, 22 September 2018 - 06:36 WIB
Sniper Israel Tembak Mati Demonstran Gaza, 54 Lainnya Luka Tembak
Sniper Israel Tembak Mati Demonstran Gaza, 54 Lainnya Luka Tembak
A A A
GAZA - Sniper militer Israel kembali menembak mati seorang demonstran Palestina yang menggelar protes di perbatasan Gaza pada hari Jumat. Pasukan Tel Aviv juga mengumbar peluru tajam yang melukai 54 demonstran lainnya.

Demonstran bernama Karim Mohammed Kallab, 25, tewas setelah ditembak di perut. Juru bicara Kementerian Kesehatan Gaza Ashraf al-Qudra mengatakan lebih dari 300 demonstran lainnya terluka, termasuk 54 orang terkena tembakan dengan peluru tajam.

Demo Great March of Return sudah berlangsung lebih dari lima bulan. Aksi itu digelar para warga Palestina di sepanjang pagar perbatasan Gaza-Israel untuk menuntut hak kembali ke rumah dan tanah keluarga mereka setelah diusir 70 tahun silam.

Pasukan Israel menindak keras protes yang dimulai sejak 30 Maret 2018. Sudah 174 warga Palestina tewas di perbatasan Gaza dan lebih dari 18.000 orang lainnya terluka.

Sementara itu, militer Israel mengatakan lebih dari 10.000 orang berkumpul di beberapa lokasi di sepanjang pagar perbatasan, kemarin.

"Para perusuh sedang melemparkan granat dan alat peledak, membakar ban dan melemparkan batu ke pasukan (Israel) dan pagar keamanan," kata militer Israel dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Reuters, Sabtu (22/9/2018).

"Tentara menjawab dengan tembakan langsung, sesuai dengan prosedur operasi standar."

Sebuah pesawat Israel juga melakukan serangan di Gaza. Sebuah basis milik diserang.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4926 seconds (0.1#10.140)