Pejabat Keamanan Afghanistan Ramai-ramai Resign

Minggu, 26 Agustus 2018 - 15:35 WIB
Pejabat Keamanan Afghanistan Ramai-ramai Resign
Pejabat Keamanan Afghanistan Ramai-ramai Resign
A A A
KABUL - Menteri Pertahanan dan Dalam Negeri Afganistan, serta kepala keamanan lain, mengundurkan diri. Pengunduran diri mereka menyusul penasihat kemanan nasional presiden.

"Kami telah menerima empat pengunduran diri oleh dua menteri dan dua pejabat keamanan senior," kata seorang pejabat di kantor Presiden Ashraf Ghani seperti dikutip dari Reuters, Minggu (26/8/2018).

Sumber-sumber pemerintah mengatakan surat pengunduran diri baru itu berasal dari Menteri Pertahanan Tariq Shah Bahrami dan Menteri Dalam Negeri Wais Barmak, serta Masoom Stanekzai, kepala Direktorat Keamanan Nasional. Mereka mengikuti keputusan Penasihat Keamanan Nasional Hanif Atmar untuk berhenti.

Pejabat yang bekerja langsung dengan dua menteri dan Stanekzai tidak segera tersedia untuk berkomentar.

Namun dua pejabat senior kementerian dalam negeri mengatakan para pejabat tinggi keamanan negara itu mengutip perbedaan dengan pemerintah mengenai kebijakan di tengah situasi keamanan yang memburuk sebagai alasan utama untuk mengundurkan diri.

Pertempuran sengit antara gerilyawan Taliban dan pasukan Afghanistan di seluruh negeri tahun ini, serta serangan bunuh diri berulang-ulang di Kabul dan kota-kota besar lainnya, telah menggarisbawahi situasi keamanan yang mengerikan dihadapi Afghanistan.

Dengan pemilihan parlemen pada 20 Oktober mendatang, pihak berwenang telah bersiap-siap untuk serangan lebih lanjut. Namun demikian, skala kekerasan telah mengejutkan para pejabat pemerintah, yang menghadapi kritik pahit atas penanganan perang mereka.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5856 seconds (0.1#10.140)