HRW Kecam Rencana Saudi Eksekusi Mati Aktivis HAM

Rabu, 22 Agustus 2018 - 17:12 WIB
HRW Kecam Rencana Saudi Eksekusi Mati Aktivis HAM
HRW Kecam Rencana Saudi Eksekusi Mati Aktivis HAM
A A A
RIYADH - Human Rights Watch (HRW) melemparkan kecaman mengenai kabar adanya rencana Arab Saudi untuk mengeksekusi mati para aktvisis hak asasi manusia (HAM) yang ditangkap. HRW menyebut, kabar ini benar-benar mengerikan.

"Setiap eksekusi mengerikan, tetapi mencari hukuman mati untuk aktivis seperti Israa al-Ghomgham, yang bahkan tidak dituduh perilaku kekerasan, adalah mengerikan," kata Sarah Leah Whitson, Direktur Timur Tengah HRW.

"Jaksa penuntut umum Arab Saudi sedang mencari hukuman mati terhadap lima aktivis HAM yang berasal dari Provinsi Timur Saudi, yang saat ini diadili di sebuah pengadilan teror rahasia," sambungnya, seperti dilansir IRNA pada Rabu (22/8).

Dia lalu menyatakan, seluruh tuntutan yang disematkan kepada para aktivis tersebut benar-benar tidak masuk akal. Di mana para aktivis ini dituduh melakukan hasutan untuk melawan pemerintah Saudi.

“Di antara tahanan adalah Israa al-Ghomgham, yang dikatakan oleh aktivis Saudi mungkin akan wanita pertama yang mungkin menghadapi hukuman mati untuk pekerjaan yang terkait dengan HAM. Tuduhan terhadapnya termasuk hasutan untuk memprotes dan memberikan dukungan moral kepada para perusuh," ungkapnya.

Dengan berbagai dalih, termasuk bertindak melawan keamanan nasional dan spionase, pemerintah Saudi telah menangkap dan memenjarakan sejumlah besar aktivis HAM dalam beberapa tahun terakhir.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5933 seconds (0.1#10.140)