Tetap Meriah Meski Tak Gelar Upacara Bendera

Sabtu, 18 Agustus 2018 - 13:11 WIB
Tetap Meriah Meski Tak Gelar Upacara Bendera
Tetap Meriah Meski Tak Gelar Upacara Bendera
A A A
MEKKAH - Semarak peringatan HUT ke-73 Republik Indonesia (RI) juga menggema hingga di Arab Saudi. Jamaah haji Indonesia yang sedang melaksa nakan ibadah haji tak ingin ketinggalan ikut merayakan dan memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia. Peringatan HUT ke-73 RI di Mekkah berlangsung meriah meski PPIH Arab Saudi tak menggelar upacara bendera.

Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, keputusan tak menggelar upacara peringatan kemerdekaan RI di Mekkah tersebut untuk menghormati negara Arab Saudi sebagai tuan rumah perhelatan ibadah haji 2018.

Meski di Mekkah tak dilaksanakan, upacara bendera HUT ke-73 kemerdekaan RI dilakukan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah dan Kedutaan Besar RI (KBRI) di Riyadh. “Hari ini adalah hari proklamasi kemerdekaan 17 Agustus. Sedianya kita akan mengadakan upacara khusus, tapi karena ini di negara orang, maka atas masukan dari berbagai pihak sebaiknya kita tidak lakukan upacara 17 Agustus itu karena secara resmi itu sudah dilakukan di KJRI dan KBRI kita,” ujar Menag Lukman Hakim Saifuddin di Mekkah kemarin.

Jamaah haji asal Indonesia mengekspresikan kegembiraan dengan berbagai perlombaanan taranggota jamaah dan kegiatan lain seperti bernyanyi lagu-lagu kebangsaan dan diakhiri doa bersama untuk bangsa Indonesia.

“Bangga dan seru banget, ternyata Indonesia masih dihargai bangsa dan negara lain. Saya senang di tengah berhaji masih bisa merayakan kemerdekaan,” ujar Lili Yuliati, anggota jamaah dari Jambi.

Ketua panitia acara Al jauhara Alwan mengatakan bahwa kegiatan ini selain untuk merayakan hari kemerdekaan, juga untuk mengobati rasa kangen dengan Tanah Air dan keluarga. Sementara itu saat kemarin melakukan joging, Lukman bertemu dengan jamaah haji Indonesia di sektor 2.

Menteri Lukman dan jamaah haji Indonesia mengucapkan selamat HUT ke-73 RI. “Tapi saya tadi bertemu dengan jamaah haji kita dan mereka sangat antusias. Bahkan mereka ikut menyanyikan lagu Indonesia Raya dan 17 Agustus dan itu dilakukan secara spontanitas,” ujar Menag.

Menteri Lukman merasa bersyukur dengan semangat jamaah haji Indonesia yang larut dengan kebahagiaan HUT ke- 73 RI di Mekkah. “Saya merasa bahagia karena keindonesiaan jamaah haji kita tetap terjaga. Mereka tetap mengingat bahwa hari ini adalah hari proklamasi kemerdekaan kita,” ujar Menag.
(don)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3642 seconds (0.1#10.140)