Jepang Tawarkan Bantuan Kepada RI Terkait Gempa Lombok

Selasa, 07 Agustus 2018 - 15:50 WIB
Jepang Tawarkan Bantuan Kepada RI Terkait Gempa Lombok
Jepang Tawarkan Bantuan Kepada RI Terkait Gempa Lombok
A A A
JAKARTA - Jepang menyatakan siap memberikan bantuan yang dibutuhkan Indonesia terkait dengan gempa yang terjadi di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Tawaran bantuan itu disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Jepang, Taro Kono saat melakukan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi.

Menurut keterangan Kedutaan Besar Jepang di Jakarta, yang diterima Sindonews pada Selasa (7/8), dalam pembicaraan itu Kono juga menyampaikan ucapan duka cita kepada pemerintah dan masyarakat Indonesia atas bencana yang menewaskan lebih dari 90 orang itu.

"Atas terjadinya bencana gempa di pulau Lombok pada 29 Juli dan terjadinya kembali bencana gempa pada 5 Agustus, kami menyampaikan rasa simpati kami yang mendalam kepada Pemerintah Indonesia dan kepada seluruh rakyat Indonesia yang telah menjadi korban dari kejadian ini," ucap Kono.

"Pemerintah Jepang telah siap memberikan bantuan apapun yang diperlukan oleh Pemerintah Indonesia," sambungnya.

Kono juga menyampaikan simpati yang mendalam kepada seluruh keluarga korban yang meninggal serta mendoakan agar para korban luka dapat segera sembuh."Semoga area yang mengalami kerusakan akibat gempa dapat segera pulih," katanya.

Sementara itu, Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe juga dilaporkan telah melakukan pembicaraan dengan Presiden Indonesia, Joko Widodo untuk turut menyampaikan ucapan duka cita atas gempa Lombok. Sama halnya dengan Kono, dia juga menyatakan duka cita kepada seluruh korban dan mendoakan mereka yang terluka untuk segera pulih.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5589 seconds (0.1#10.140)