Pendaki Diselamatkan dari Gunung Selandia Baru

Sabtu, 04 Agustus 2018 - 11:41 WIB
Pendaki Diselamatkan...
Pendaki Diselamatkan dari Gunung Selandia Baru
A A A
SYDNEY - Pendaki asal Australia berhasil diselamatkan dari gunung bersalju di Selandia Baru setelah terjebak dalam suhu beku selama tiga hari.

Proses penyelamatan itu terhalang cuaca buruk dan risiko salju longsor. Kekhawatiran atas kondisi pendaki bernama Terry Harch, 29, itu muncul setelah dia mengaktifkan alat pelacak satelit yang dibawanya pada Selasa (31/7). Dia saat itu sedang mendaki sendiri di Gunung Aspiring, South Island.

“Ini hasil yang hebat karena kami tidak ingin pendaki meng habiskan satu malam lagi di gunung itu,” ujar Neville Blakemore, petugas Pusat Koordinasi Rescue Selandia Baru, kemarin.

Harch ditemukan masih hidup di ketinggian 3.033 meter di atas permukaan laut dan menderita frostbite ringan karena suhu turun di bawah nol derajat Celsius.

Cuaca buruk di pegunungan itu menghambat proses penyelamatan hingga kemarin. “Ini hari yang sangat sulit dengan angin, awan, dan kondisi salju hingga menghalangi helikopter mencapai lokasi pendaki di gunung hingga siang ini, saat jendela cuaca tiba-tiba terbuka,” demikian pernyataan tim penyelamat tersebut.

Tim penyelamat kagum karena pendaki itu masih dapat berdiri dan melambaikan tangan ke helikopter. Angin beku di gunung itu memiliki kecepatan 60 km/-jam dan salju tebal menyelimuti pegunungan tersebut. (Syarifudin)

(nfl)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0973 seconds (0.1#10.140)